Polda Jabar Ungkap Penyelundupan Belasan Kilogram Narkotika Asal Aceh

Hukum  SELASA, 08 OKTOBER 2019 , 13:18:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Polda Jabar Ungkap Penyelundupan Belasan Kilogram Narkotika Asal Aceh

Konfrensi Pers Polda Jabar/RMOLJabar

RMOLJabar. Subdit 1 Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat berhasil mengungkap belasan kilogram narkotika sabu-sabu yang siap diedarkan di wilayah Jawa Barat.

Dalam pengungkapan tersebut, tiga orang berhasil diamankan Polda Jabar, dengan inisial AP, AS, dan DS.

Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi menjelaskan, pengungkapan tersebut dilakukan pada hari Sabtu 28 September 2019, di kawasan Perum BTN Pasir Gede Raya, Kelurahan Bojong Herang, Kabupaten Cianjur.

Dalam pengungkapan tersebut, lanjut Rudy, para tersangka ditangkap bersama dengan sejumlah barang bukti Narkoba dan satu unit mobil Toyota Hiace berwarna silver serta lima unit telepon genggam.

"Barang bukti yang diamankan yakni sabu-sabu dengan berat total 13.088 gram atau 13 kilogram," ucap Kapolda Rudy di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (8/10).

Saat melakukan penangkapan, tim mendapati narkotika jenis sabu-sabu, yang dibungkus kedalam plastik teh Cina dengan lakban hitam.

"Ditutup dengan teh China berlakban hitam," ujarnya.

Lebih lanjut, Rudy mengungkapkan, berdasarkan pemeriksaan sementara terhadap tiga orang tersangka yang diamankan, diketahui sabu-sabu tersebut bakalan diedarkan di wilayah Jabar beberapa provinsi lainnya. Sabu tersebut dipasok oleh seseorang berinisial A dari Aceh. Polisi pun tengah melakukan pengejaran terhadap pemasok sabu-sabu tersebut.

"Dikirim dari Aceh untuk diedarkan kembali," tutur Kapolda.

Ditemui ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Trunoyudo menambahkan, atas pengungkapan ini polisi berhasil menyelamatkan sebanyak 13 juta jiwa, dengan ansumsi satu gram sabu untuk di konsumsi oleh sepuluh orang.

"Asumsi penyalahguna Narkotika golongan jenis sabu : satu gram sabu untuk di konsumsi oleh 10 orang, penyalahguna satu orang X 13000 gram = 13.000 orang. Total keseluruhan perkiraan orang yang terselamatkan sejumlah 13 juta orang," ungkapnya.

Truno menyebutkan, atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 132 ayat (1) dan Pasal 114 (2) dan Pasal 112 (2) Undang-Undang RI. No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya maksimal selama 20 tahun penjara.[son]

Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA