Dana Hibah Bawaslu Kabupaten Karawang Untuk Pilkada Pas-Pasan

Politik  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 01:18:00 WIB | LAPORAN: NURJAYA BACHTIAR

Dana Hibah Bawaslu Kabupaten Karawang Untuk Pilkada Pas-Pasan

Kursin Kurniawan/RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang  menyepakati anggaran pengawasan dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karawang 2020.

Adapun bantuan Dana Hibah dari Pemerintah Kabupaten Karawang  untuk Bawaslu sebesar Rp23 miliar. Anggaran tersebut  jelas berbeda dengan pilkada sebelumnya.

"Pada tahun 2015,  itu ada Permendagri No 14 tahun 2014 tidak ada untuk  menyewa Mabeleir. Oleh karena itu,  dengan bertambah tenaga pengawas di TPS, jelas bertambah juga terhadap honor pegawai," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang, Kursin Kurniawan, di ruangan kerjanya, Selasa (8/10).

Menurut Kursin, anggaran Bawaslu Kabupaten Karawang idealnya Rp27 miliar. Namun, hasil evaluasi Pemkab Karawang ditetapkan anggaran Bawaslu untuk Pilkada 2020 sekira Rp23 miliar.

Disinggung hasil evaluasi oleh Wakil Bupati Ahmad Zamakhsyari, hanya menyebut anggaran untuk Bawaslu meningkat dan kebesaran. Selain itu sebatas mempertanyakan tidak lebih.

"Kok kenapa biaya besar, padahal itu sudah dijelaskan semua," ucap Kursin.

Normalnya, gaji pengawas TPS sebesar Rp1,1 juta berdasarkan PMK. Namun karena bantuan hibah Rp23 miliar, akhirnya pihak Bawaslu melakukan penyesuaian agar mencukupi selama pelaksanaan pilkada.

Adapun honor yang akan diterima untuk Pilkada serentak 2020 yakni Pengawas TPS Rp650 ribu per bulan, honor PPL  Rp1,1 juta per bulan, sedangkan anggota Panwascam Rp1,6  juta per bulan serta Ketua Panwascam Rp1,85 juta per bulan.

"Dan itu sudah mengacu kepada Permendargri serta disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, yang masa kerjanya cuma sembilan bulan," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00