Ridwan Kamil Ajak TP PKK Untuk Terus Berkolaborasi Membangun Jabar

Pemerintahan  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 20:07:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Ridwan Kamil Ajak TP PKK Untuk Terus Berkolaborasi Membangun Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/dok humas pemprov

RMOLJabar. Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk kurang lebih 49 juta jiwa masih dihadapkan kepada masalah antara lain tingginya angka stunting dan kematian ibu dan bayi, serta pengendalian angka kelahiran dan peningkatan kualitas penduduk.

Untuk itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jawa Barat dan 27 kabupaten/kota untuk bersama-sama membangun Jabar dengan berkolaborasi bersama pemerintah melalui program-program terkait, termasuk bidang kesehatan.

"Jadi ini fokus kesehatan, karena kasus kesehatan masih mengemuka di pedesaan. Stunting masih banyak berkumpul di area pedesaan, kemudian ada sinyalemen dari Kepala BKKBN Jabar bahwa kematian ibu juga banyaknya di desa, termasuk ada kenaikan persentase kelahiran juga di desa," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Rabu (9/10).

Meski begitu, dirinya yakin apa yang dilakukan dinas/lembaga terkait bersama Pemprov Jabar sudah baik.

"Belajar dari negara lain sebenarnya sistem sosial kita sudah luar biasa menjangkau segala rupa. Kita tinggal (meningkatkan) kekompakan saja untuk membawa kemajuan keluarga di desa, kota, dan Jawa Barat," katanya.

Kerja sama tersebut, kata Emil, dapat mewujudkan konsep Pentahelix ABCGM (Academic, Business, Community, Goverment, Media) yang menjadi metode Pemdaprov dalam membangun Jabar di berbagai sisi. Pun kerja sama dengan TP PKK adalah salah satu perwujudan konsep Pentahelix.

"Tugas membangun Jawa Barat merupakan tugas bersama. Kami mengajak akademisi, pengusaha, komunitas, dan media untuk berkolaborasi mewujudkan Jawa Barat Juara Lahir dan Bathin dengan inovasi dan kolaborasi," tandasnya.[son]

Komentar Pembaca