Ledakan Batu Rusak Rumah Warga, Polisi Terjunkan Tipidter

Peristiwa  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 22:54:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Ledakan Batu Rusak Rumah Warga, Polisi Terjunkan Tipidter

Ledakan Batu di Purwakarta/RMOLJabar

RMOLJabar. Peristiwa jatuhnya batu-batu berukuran besar hingga menimpa sekolah dan beberapa rumah warga yang diduga akibat aktivitas blasting (peledakan) PT MSS mendapat perhatian Polres Purwakarta.

"Kemarin itu memang blasting (peledakan) dilakukan dari sebelah sisi gunung. Namun dampaknya batu-batu yang sebelah sini (sisi gunung lainnya) yang dekat permukiman bergetar dan berjatuhan ke bawah," kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius di sela kegiatannya meninjau lokasi di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Rabu (9/10).

Terkait ada tidaknya kelalaian, Kapolres menyebutkan pihaknya masih melakukan penyelidikan.

"Kami dari Polres Purwakarta sudah membentuk tim dari unit Tipidter untuk turun menyelidiki apakah ada pelanggaran SOP berkenaan dengan pertambangan ini atau ada unsur kelalaian lain. Kami selidiki lebih dalam," ujarnya.

Kemudian, sambungnya, apabila ditemukan ada sesuatu hal yang memenuhi unsur kelalaian, maka pihaknya akan memprosesnya lebih lanjut.

"Kami tegakkan sesuai hukum yang berlaku," katanya.

Disinggung terkait ada tidaknya yang sudah diamankan, Kapolres menjelaskan jika pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti dan saksi-saksi.

"Ada oun terkait perkembangannya nanti kita informasikan," ujarnya.

Saat dikonfirmasi ada tidaknya kemungkinan penutupan perusahaan tersebut, Kapolres menegaskan akan terus berkoordinasi dengan berbagai dinas terkait.

"Karena yang paling mengetahui adalah dinas terkait. Yakni berkenaan dengan pertambangan, kondisi di atas bukit, dan apakah perlu relokasi. Ini yang akan kami terus koordinasikan," demikian Kapolres. [yud]


Komentar Pembaca