Jelang Musim Hujan, Pemkot Cimahi Antisipasi Peningkatan Sampah

Pemerintahan  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 00:13:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Jelang Musim Hujan, Pemkot Cimahi Antisipasi Peningkatan Sampah

Kepala DLH Kota Cimahi Mochammad Ronny/RMOLJabar

RMOLJabar. Jelang pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi berencana melakukan berbagai kesiapan.

Salah satunya, dengan melakukan pengimbauan terhadap masyarakat Kota Cimahi untuk menjaga kebersihan serta menggiatkan kembali program Jumat Bersih.

Disampaikan Kepala DLH Kota Cimahi, Mochammad Ronny, imbauan menjaga kebersihan menjadi salah satu upaya mencegah berbagai risiko ketika memasuki musim penghujan.

"Kita terus gerakan lagi masyarakat dengan program Jumat Bersih. Ini harus terus diingatkan agar tidak buang sampah sembarangan. Apalagi mau memasuki musim hujan begini," ucap Ronny saat dihubungi via telepon, Rabu (9/10).

Apalagi, dibeberkan dia, awal musim hujan sampah di Kota Cimahi diprediksi mengalami peningkatan. Terutama di gorong-gorong atau saluran air di jalan umum.

"Kalau awal itu biasanya meningkat 3 sampai 4 ton. Karena memang banyak sampah berceceran ke saluran atau bertumpuk pada satu titik," ujarnya.

Terkait penanganan sampah di wilayah Sungai Melong, dia menerangkan, Pemkot Cimahi sudah melakukan koordinasi dengan Pemkot Bandung karena letaknya berada di perbatasan kedua kota sehingga akan bersama-sama menangani permasalahannya. Termasuk menyediakan bak truk terbuka untuk menyimpan sampah dalam setiap minggunya.

"Kita juga akan adakan patroli gabungan dari Pemkot Cimahi, Pemkot Bandung dibantun unsur TNI melalui Sektor Citarum Harum," imbuhnya.

Khusus di Kota Cimahi, rencananya akan disiapkan 12 personel yang akan berpatroli melakukan pengawasan secara bergilir. Patroli itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya warga yang membuang sampah ke sungai.

"Jadi dengan pengawasan atau patroli nanti tidak ada lagi yang buang sampah sembarangan, termasuk ke sungai," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan prediksi BMKG, hujan akan kembali mengguyur wilayah Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan sekitarnya mulai hari Rabu (9/10). Potensi hujan diperkirakan akan terjadi pada siang hingga petang hari.

"Saat ini sedang masa pancaroba. Cuaca dapat berubah dalam sehari, kadang pagi cerah, tapi siang bisa terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan dalam durasi waktu singkat, kurang dari satu jam," terang Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya. [yud]





Komentar Pembaca