Dewan Support Agar Pariwisata Di Kabupaten Bekasi Maju

Politik  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 15:16:00 WIB | LAPORAN: SEPRIYANTO

Dewan Support Agar Pariwisata Di Kabupaten Bekasi Maju

Budiyanto/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemerintah Kabupaten Bekasi saat ini tengah gencar melakukan pengembangan pariwisata, salah satunya Situ dan Rawa yang ada di Kabupaten Bekasi. Salah satunya Situ Rawa Binong yang menjadi nominasi Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 yang diadakan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi RI.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Budiyanto sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Bekasi. Menurutnya upaya yang dilakukan ini merupakan suatu kemajuan.

"Pariwisata bisa dikembangkan di Bekasi ini sebuah kemajuan, tetapi sebuah kemajuan yang bisa berjangka panjang itu harus dilakukan secara sistemik, perencanaannya, pelaksanaannya, monitoringnya, dan penyempurnaan. Langkah yang dilakukan Pemda Kabupaten Bekasi itu sudah tepat," ungkap dia, Jumat (10/10).

"Yang dilakukan pertama kali Badan Litbang adalah melakukan pengkajian terkait salah satu potensi sumber objek wisata yang ada di Kabupaten Bekasi, salah satunya situ dan rawa, saya apresiasi betul terhadap pemda," imbuhnya.

Menurut sepengetahuannya, Badan Litbang Kabupaten Bekasi saat ini sudah mengkaji 14 situ dan sudah ada 5 situ yang direkomendasikan untuk layak dikembangkan menjadi tempat wisata, yaitu Situ Rawa Binong, Situ Abidin, Situ Ceper, Cipalahlar dan Situ Cibeureum.

"Ini langkah bagus, artinya para pihak terkait, termasuk pemda di dinas teknis lainnya, itu sudah bisa melakukan langkah-langkah teknis, membangun sarana prasarana yang bisa support, terhadap fasilitas pariwisata itu jadi terukur kemudian juga secara sistemik bisa berjalan jangka panjang," ujarnya.

Politisi PKS ini juga mengatakan, pihaknya beberapa waktu lalu sempat berkonsultasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) soal pengelolaan situ, lantaran situ dan rawa saat ini menjadi kewenangan BBWS. Saat konsultasi tersebut, BBWS mengapresiasi akan adanya rencana pengembangan situ menjadi tempat wisata.

"Karena situ ini milik pemerintah pusat, maka saya langsung konsultasi dengan BBWS dan BBWS membuka lebar untuk dikelola karena untuk menjaga aset mereka," bebernya.

Untuk itu sebagai legislator, pihaknya bakal melakukan penganggaran untuk pembangunan infrastruktur pendukung situ dan rawa yang berpotensi sebagai obyek wisata.

"Kita di dewan tugasnya hubungannya dengan proses peningkatan kapasitas pariwisata itu sendiri, tidak mungkinkan rawa akan jadi ramai dikunjungi orang kalau rawanya hanya begitu saja, tentunya harus ada sentuhan-sentuhan infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya," pungkasnya.

"Saya sebagai DPRD jika langkah-langkah strategis sistematis itu sudah dilakukan, kita tinggal masuk ke wilayah penganggaran, asalkan sudah dilakukan pengkajian secara akademis kemudian dengan pemilik wilayahnya sudah oke, APBD bisa akses," tambahnya.

Oleh karenanya, dengan adanya sinergitas antar stakeholder yang ada, untuk pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Bekasi, maka ia optimis pariwisata di Kabupaten Bekasi akan semakin maju. [gan]


Komentar Pembaca