Pulang Dari Papua, Warga Garut Bakal Dapat Trauma Healing

Pemerintahan  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 15:46:00 WIB | LAPORAN: M NUR EL BADHY

Pulang Dari Papua, Warga Garut Bakal Dapat Trauma Healing

Pengecekan kesehatan warga Garut/RMOLJabar

RMOLJabar. Sebanyak 18 warga Garut yang sudah pulang dari Papua bakal mendapatkan trauma healing. Pasalnya, sekembali dari Papua, banyak warga yang mengalami trauma.

"Psikisnya raut muka ada gambaran-gambaran yang sedih. Nanti dari Dinsos siapkan tim tangani itu (trauma)," ujar Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman saat menyambut kedatangan warga Garut di Kantor Bupati Garut, Rabu (9/10) dini hari.

Meski alami trauma akibat situasi di Wamena. Warga yang datang juga gembira karena bisa kembali pulang. Mereka yang merantau ke Papua, menjalani berbagai macam profesi.

"Ke 18 warga ini berasal dari lima kecamatan. Setelah diperiksa kesehatan, mereka akan diantar pulang oleh para camat," katanya.

Kepulangan ke 18 warga itu, lanjutnya, akan membuat keluarga lebih tenang. Selama dua minggu, banyak keluarga yang khawatir dengan kondisi di Papua.

"Sekarang mereka sudah pulang, semoga keluarga tidak khawatir lagi," ucapnya.

Terkait jumlah warga Garut yang merantau ke Papua, Helmi menyebut belum bisa dipastikan. Pihaknya masih melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pastinya. [gan]

Komentar Pembaca