Ditetapkan Tersangka, Mantan Sekretaris KPU Pangandaran Terancam 20 Tahun Penjara

Hukum  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 20:36:00 WIB | LAPORAN: SYAMSUL ARIFIN

Ditetapkan Tersangka, Mantan Sekretaris KPU Pangandaran Terancam 20 Tahun Penjara

Ilustrasi penjara/Net

RMOLJabar. Diduga melakukan penyalahgunaan dana Hibah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran tahun anggaran 2015 untuk Makan Minum (Mamin) dan Alat Tulis Kantor (ATK).

Mantan Sekretaris KPU Pangandaran, P ditetapkan menjadi tersangka dan terancam mendekam di balik jeruji besi selama 20 tahun dengan dasar pasal 27 jo pasal 18 jo pasal 3 Undang Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Sri Respatini Menegaskan, P terancam Pasal 21 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) karena telah menyelewengkan anggaran.

"Total kerugian negara diperkirakan Rp148 juta, meski sudah dikembalikan, proses hukum tetap berjalan," ungkap Sri Respatini, Kamis (10/10).

Setelah ditetapkan menjadi tersangka, kata Sri, P menjadi tahanan titipan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Ciamis dan selanjutnya akan dilimpahkan ke Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung.

"Berkas pemeriksaannya sudah lengkap, tim penyidik juga sudah menyiapkan dakwaan dan kelengkapan lainnya untuk sidang," tandas Sri. [gan]

Komentar Pembaca