Data Basarnas, Angka Kecelekaan Terus Merosot

Pemerintahan  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 22:08:00 WIB | LAPORAN: SYAH RONI

Data Basarnas, Angka Kecelekaan Terus Merosot

Deden Ridwansyah/RMOLJabar

RMOLJabar. Terhitung sejak Januari hingga September 2019, angka kecelakaan mengalami penurunan. Sebanyak 89 kejadian kecelakaan di antaranya telah ditangani boleh Basarnas. Jumlah tersebut relatif lebih rendah dibanding tahun sebelumnya dengan 114 kejadian kecelakaan.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Bandung, Deden Ridwansyah usai menjalani rapat koordinasi di salah satu hotel di Kota Cirebon, Kamis (10/10).

"Alhamdulillah angka ini mengalami penurunan. Ini dikarenakan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi dengan tidak mengabaikan keselamatan dalam melakukan pelayaran,” ungkap Deden.

Deden mengungkapkan, untuk di September ini pihaknya telah menangani sebanyak 9 kejadian kecelakaan di wilayah perairan di Jawa Barat, dengan jumlah korban sebanyak 167 orang.

Dari total 167 korban, imbuhnya, pihaknya berhasil menyelamatkan sebanyak 100 orang. Sedangkan 50 lainnya dinyatakan hilang, dan selebihnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Terakhir kita mengevakuasi sebanyak 10 orang nelayan asal Indramayu yang mengalami kecelakaan pelayaran. Alhamdulillah semuanya selamat,” bebernya.

Ia berharap, di tahun-tahun yang akan datang angka kecelakaan dapat terus menurun. Untuk itu, ia mengajak semua pihak, baik BPBD maupun pihak-pihak terkait lainnya agar selalu siap siaga untuk mengantisipasi kejadian-kejadian di musim hujan yang akan datang.

"Mudah-mudah di tahun 2020 kita Zero accident. Itu kan yang kita harapkan,” tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca