Pedagang Layangkan Surat Minta Gunung Tangkuban Parahu Dijadikan Status Normal

Peristiwa  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 22:38:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Pedagang Layangkan Surat Minta Gunung Tangkuban Parahu Dijadikan Status Normal

Tangkuban Parahu/Net

RMOLJabar. Beranggapan aktivitas erupsi Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu sudah mereda, sejumlah orang mengatasnamakan pedagang dan jasa taman wisata alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu layangkan surat permohonan kepada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Dalam suratnya, perwakilan pedagang tersebut meminta, PVMBG menurunkan status Level II (Waspada) menjadi status normal karena dirasa tidak lagi membahayakan.

Perwakilan pedagang TWA Tangkuban Parahu, Ishak Jeri mengatakan, ditutupnya kunjungan wisata sejak dua bulan lalu, berdampak terhadap tidak adanya penghasilan untuk para pedagang dan jasa.

"Kalau Tangkuban Parahu tutup, otomatis para pedagang gak punya pemasukan," kata Ishak saat dihubungi via telepon, Kamis (10/10).

Melihat tidak adanya pemasukan dan juga telah menurunnya aktivitas vulkanik, dia memaparkan, bersama perwakilan pedagang dan jasa lainnya melayangkan surat yang ditandatangani beberapa pedagang supaya PVMBG merubah status TWA Tangkuban Parahu kembali berstatus normal.

"Pedagang sudah mulai mengeluhkan kondisinya, nah, kalau statusnya normal, para pedagang ini akan dapat penghasilan lagi dari pengunjung wisata. Lagian kondisi gunung kan sudah membaik," ujarnya.

Menanggapi surat para pedagang pertanggal 8 Oktober 2019 yang dititipkan kepada PT GRPP selaku pengelola TWA Tangkuban Parahu untuk disampaikan kepada pihak PVMBG, Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan menyatakan, PVMBG tidak bisa segera menurunkan status Tangkuban Parahu dari waspada menjadi normal.

Apalagi perubahan status tersebut memerlukan mekanisme dan pengkajian yang benar-benar teliti.

"Jadi, semuanya itu kan perlu berproses, ada tahapannya. Lagi pula (terkait status) ini ada di keputusan akhir dan bukan pada keputusan saya," ungkapnya.

Meski ada penurunan aktivitas erupsi, dia mengimbau, para pedagang untuk tetap bersabar. "Memang sudah ada penurunan, tapi kan keputusannya tetap bukan di level kita yang di sini," imbuhnya.

Sampai saat ini, PVMBG masih menetapkan Gunung Tangkuban Perahu berstatus level II (waspada). Sehingga baik pedagang, pengelola, maupun wisatawan tidak diperbolehkan mendekati Kawah Ratu dalam radius 1,5 kilometer. Mengingat kondisi kawah masih menunjukkan adanya aktivitas erupsi menerus (microtremor). [gan]

Komentar Pembaca
Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 15:25:33

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 13:45:26

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad