PDI Perjuangan Bakal Tanami Area Karhutla Dengan Ribuan Bibit Pohon

Politik  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 23:04:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

PDI Perjuangan Bakal Tanami Area Karhutla Dengan Ribuan Bibit Pohon

Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan/RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung bakal ikut terjun dalam menangani area yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diwilayahnya.

Salah satu langkah yang dalam waktu dekat dilakukan pengurus partai banteng moncong putih di Kabupaten Bandung yaitu dengan menanam ribuan bibit pohon di area lahan yang saat ini telah rusak terbakar.

Demi merealisasikan agenda rehabilitasi lahan itu, DPC PDI P Kabupaten Bandung melakukan kerja sama dengan Badan Pengendalian Daerah Aliran Sungai, Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk Citanduy.

Begitu disampaikan oleh Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (10/10), siang.

Luthfi menilai bila rehabilitasi lahan bekas karhutla dengan cara penanaman bibit pohon penting dilakukan untuk menjaga fungsi dari lahan hijau itu sendiri apalagi di tengah dampak musim kemarau panjang.

"Kita (dari PDI Perjuangan) ingin bergerak lebih cepat agar jangan sampai hutan yang terbakar itu memperparah luasan lahan kritis di Kabupaten Bandung, juga jangan sampai bekas karhutla itu berubah menjadi lahan perkebunan," ungkap Anggota Komisi B DPRD itu usai penandatanganan kerjasama dengan BPDASHL di Kantor BBWS Citarum.

Untuk merawat area hijau hutan, Luthfi mengatakan pihakanya sudah mengajukan sekitar 5.000 an bibit yang akan ditanam ke pihak BPDASHL bersama PDI Perjuangan dan akan direalisasikan dalam waktu dekat.

"Kita lebih banyak menyiapkan bibit pohon keras sesuai dengan pepohonan yang ada di pegunungan, seperti bibit pohon mahoni, manglid, sobsi, juga pohon salam," terang Legislator Dapil IV Kabupaten Bandung itu.

Untuk sementara, ditambahkan Lutfhi, program penanaman bibit pohon yang diinisiasi partainya itu akan ditanam di Gunung Pasir Paros wilayah Cipicung Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.

"Penanaman (ribuan bibit pohon itu) akan kita dilakukan dengan mengerahkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Kabupaten Bandung sekitar bulan November mendatang," tandasnya.[son]

Komentar Pembaca
Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

Erick Thohir Cocok Jadi Menpora

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 15:25:33

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 13:45:26

Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad