Masih Banyak Warga Sukabumi Ingin Pulang

Pemerintahan  JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 00:26:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Masih Banyak Warga Sukabumi Ingin Pulang

Ijam/RMOLJabar

RMOLJabar. Warga Sukabumi Dari Wamena Ijam mengaku masih banyak orang Sukabumi yang ingin pulang. Namun terkendala oleh bantuan dari pemerintah setempat.

"Banyak yang mau pulang, cuman bantuan hercules sudah ditutup. Pesawat komersil harganya lagi tinggi," ujarnya, Kamis (10/10).

Diakui Ijam, tak semua warga Jabar di Papua ingin dipulangkan ke daerah asal, ada juga yang bertekad tetap menetap di Pulau paling timur Indonesia itu. Mereka yang tak berniat pulang biasanya karena sudah berkeluarga di Wamena.

"Ada sekitar 100 orang Warga Sukabumi. Cuman ada yang mau pulang dan tidak mau. Sebab, ada yang anaknya sudah sekolah," ucapnya.

Bahkan menurutnya, ada juga yang sudah berpindah ke Jayapura. Selain itu, masih ada yang tinggal di pengungsian. "Kita di sana ada paguyuban Sunda. Jumlah anggotanya sekitar 250 orang dari Jawa Barat," ungkapnya.

Dirinya sendiri sudah delapan tahun di Papua. Namun di Wamena baru tiga tahun. Sehari-hari dirinya berjualan pakaian dan sendal. "Kalau sudah kondusif mau balik lagi. Di sini belum punya usaha," pungkasnya.[son

Komentar Pembaca