Sosok Figur Jadi Daya Tarik Masyarakat Di Pilkada 2020

Politik  JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 08:26:00 WIB | LAPORAN: NANANG YUDI

Sosok Figur Jadi Daya Tarik Masyarakat Di Pilkada 2020

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tasikmalaya 2020 mendatang bermunculan nama-nama kandidat calon bupati (Cabup) dari mulai politisi hingga birokrat.

Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Latifah Mubarokiah Suryalaya, Endang Syarif mengatakan, Pilkada merupakan proses memilih yang menitikberatkan sosok figur. Berbeda dengan Pileg yang mengarah ke suksesi partai.

"Pilkada Kabupaten Tasikmalaya merupakan pesta demokrasi rakyat dengan memilih pasangan Cabup/cawabup berarti memilih figur bukan memilih partai," ungkap Endang Syarif, Jumat (11/10).

Menurutnya, partai hanya sebagai pengusung atau tiket kendaraan untuk syarat mendaftarkan kandidat cabup dan cawabup ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Jadi tentunya ada perbedaan antara Pilkada dengan Pileg, melihat atau berkaca dari pengalaman Kabupaten Tasikmalaya sebelumnya figur menjadi daya tarik masyarakat untuk memilihnya," ucapnya.

Dengan itu, kata Endang, rekam jejak yang baik serta pengalaman di pemerintahan tentunya bagian dari daya tarik tersendiri. Maka figur-figur demikian bagian dari alat untuk menarik simpati masyarakat.

"Rekam jejak dan pengabdian bagi Kabupaten Tasikmalaya tentunya menjadi penilaian masyarakat bagi para kandidat yang akan ikut berkontestasi di Pilkada Bupati tahun 2020 mendatang," tegasnya.

Kandidat bakal calon bupati yang telah muncul menjadi perbincangan masyarakat yaitu Bupati petahana Ade Sugianto dan Iwan Saputra yang menjabat Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya. [yud]





Komentar Pembaca