Dilarang Bawaslu, Pemkab Bandung Tetap Rotasi Pejabat Jelang Pilkada

Pemerintahan  SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 09:38:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Dilarang Bawaslu, Pemkab Bandung Tetap Rotasi Pejabat Jelang Pilkada

Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan/RMOLJabar

RMOLJabar. Meskipun telah dilarang oleh Bawaslu, Pemkab Bandung tetap akan melakukan rotasi para pejabatnya jelang gelaran Pilkada tahun 2020 mendatang.

Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Wawan A Ridwan, beralasan rotasi pejabat itu lantaran adanya kebutuhan organisasi.

"Jadi memaksa Pemkab Bandung harus melakukan penggantian pejabat mengingat di tahun politik (2020) sedikitnya 104 ASN masuk pensiun," ujarnya, Senin (14/10).

Mengingat akan terjadi kekosongan yang tentunya bakal menganggu pelayanan kepada masyarakat, lanjut Wawan, Pemkab melakukan pengisian kekosongan tersebut.

"Tentunya sesuai dengan koridor peraturan yang berlaku. Apakah usulan itu akan disetujui atau tidaknya oleh kementerian dalam negeri, kita akan terima," ucapnya.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Bandung mengingatkan pimpinan daerah (bupati/ wakil bupati) di wilayahnya tidak melakukan langkah promosi, demosi dan rotasi pejabat memasuki tahapan Pilkada tahun 2020.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung Januar Solehuddin menuturkan imbauan itu telah sesuai dengan pasal 71 undang- undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada.

"Dipasal itu disebutkan 'Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri (Kemendagri)," terang Januar. [yud]




Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00