KABUPATEN BANDUNG

Keukeuh Rotasi Pejabat Jelang Pilkada, Bawaslu: Harus Ada Persetujuan Menteri

Politik  SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:21:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Keukeuh Rotasi Pejabat Jelang Pilkada, Bawaslu: Harus Ada Persetujuan Menteri

Ilustrasi/net

RMOLJabar. Bawaslu  mengingatkan Pemkab Bandung agar tak melakukan rotasi pejabat menjelang gelaran Pilkada tahun 2020 karena hal itu melanggar aturan.

Namun jika pemerintah setempat "keukeuh" (bersikeras) akan melakukan rotasi dengan alasan ada pejabat yang akan memasuki masa pensiun pada tahun depan maka kebijakan itu harus atas persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI.

Begitu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehuddin menyikapi adanya pernyataan dari pihak BKPSDM yang kemungkinan bakal merotasi beberapa pejabatnya pada tahun 2020.

Untuk memastikan semua prosedur berjalan, kata Januar, Bawaslu juga akan meminta laporan resmi dari Pemkab Bandung tentang rotasi pejabat yang sesuai informasi dilakukan untuk mencegah kekosongan.

"Makanya nanti kami akan menunggu ada atau tidaknya persetujuan dari menteri jika rotasi dilaksanakan Pemkab sesuai pasal 71 undang- undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada," ujarnya, Senin (14/10).

Sesuai pasal diatas, lanjut Januar, jelas disebutkan Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Wali Kota atau Wakil Wali Kota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.

"Jika melihat waktu (penetapan pasangan calon) akan dilakukan sekitar bulan Juli maka perotasian boleh dilakukan hingga 8 Februari. Jadi perotasian pejabat sebelum tanggal itu tidak ada masalah tapi kalau rotasi dilakukan setelah itu kami ingatkan harus ada persetujuan menteri," tegasnya.[son]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00