ACT Salurkan 6 Truk Bantuan Logistik Ke Titik Terdampak Gempa Maluku

ACT  SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 21:17:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

ACT Salurkan 6 Truk Bantuan Logistik Ke Titik Terdampak Gempa Maluku

Penyaluran logistik ACT/Ist

RMOLJabar. Lebih dari dua pekan usai gempa berkekuatan M 6,8 mengguncang Maluku, kebutuhan logistik para pengungsi masih cukup tinggi. Hal ini mengingat warga yang mengungsi masih enggan kembali ke rumah mereka karena kekhawatiran adanya gempa susulan.

Berupaya memenuhi kebutuhan warga yang masih bertahan di pengungsian, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berangkatkan enam truk bantuan logistik menuju tiga titik terparah terdampak gempa. Di antaranya Kabupaten Seram Bagian Barat dan Desa Liang dan Pulau Haruku di Kapubaten Maluku Tengah.

"Bantuan logistik yang diberikan berupa beras, minyak goreng, air mineral, susu, roti, selimut, popok bayi, dan lainnya," kata Wahyu Novyan, Direktur Program ACT dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (15/10).

Menurutnya, pemberian bantuan logistik tidak terlepas dari tingginya kebutuhan para pengungsi di masa tanggap darurat. Kondisi ini terlihat di Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat, dimana status tanggap darurat di dua kabupaten tersebut diperpanjang pada Kamis (10/10) lalu.

Enam truk bantuan logistik tersebut berangkat menuju posko-posko kemanusiaan dan dapur umum ACT yang berada di Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah. Dari sana, bantuan didistribusikan kepada warga yang mengungsi di sejumlah titik pengungsian.

Salah satunya adalah Desa Liang di Kabupaten Maluku Tengah. Desa tersebut menampung sekitar 17.000 pengungsi yang mendirikan tenda-tenda pengungsian. [gan]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00