Jurus Jitu Pangkas Kemacetan Kota Bandung

Pemerintahan  SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 21:58:00 WIB | LAPORAN: TANTI SUGIHARTI

Jurus Jitu Pangkas Kemacetan Kota Bandung

Kemacetan Jalan Asia Afrika/Net

RMOLJabar. Kemacetan di Kota Bandung terjadi karena pertumbuhan panjang jalan dengan pertumbuhan kendaraan tidak seimbang. Pertumbuhan kendaraan naik 10% per tahun sedangkan jalan hanya 1% per tahun.

Begitu dikatakan Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kurnia dalam Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (15/10).

Dalam mengantisipasi kemacetan, Dishub Kota Bandung melakukan berbagai cara. Di antaranya antisipasi berbasis jalan raya, dan antisipasi berbasis rel.

Berbasis jalan raya, Dishub menyediakan angkutan massal (umum) seperti Trans Metro Bandung (TMB) yang terdiri dari 4 Koridor. Melayani angkutan sekolah, terdiri dari 5 Koridor. Mengembangkan angkutan bis pariwisata (Bandros) terdiri dari 5 Koridor. Menyediakan penyewaan sepeda, terdiri dari 19 Stasiun dan setiap stasiun terdiri 3-10 sepeda. Serta membangun Skywalk di Cihampelas.

"Rencana tahun ini TMB akan ditambah 1 Koridor (Antapani-St.Hall) sebanyak 10 bus bantuan dari Kemenhub targetnya mulai bulan depan beroprasi," paparnya.

Sedangkan berbasis rel, Pemkot Bandung rencana akan membangun LRT sebanak 3 koridor, serta akan membangun Kereta Listrik di kawasan Bandung Metropolitan Area (Padalarang-Cimahi-Ciroyom-Cikudapateuh-Cimekar).

Selain itu, Pemkot Bandung berencana akan menambah kapasitas jalan terutama di Persimpangan Jalan Laswi, membangun Flyover di Jalan Simpang Kopo Soekarno Hatta (2021), Jalan Rumah Sakit-Gedebage (2022), dan Underpass Gasibu (2022).

"Pemasangan cctv dan audio pun akan dilakukan, hal ini untuk menanamkan kesadaran lalu lintas kepada masyarakat," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00