KABUPATEN BANDUNG

Belum Ideal, Diskar Akan Tambah Pos Pemadam Kebakaran

Ragam  RABU, 16 OKTOBER 2019 , 02:19:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Belum Ideal, Diskar Akan Tambah Pos Pemadam Kebakaran

Kepala Diskar Kabupaten Bandung Kawaludin/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Pemadam Kebakaran (Diskar) Kabupaten Bandung menyatakan pada tahun 2020 mendatang akan kembali mengajukan untuk penambahan titik pos pemadam kebakaran (damkar) diwilayahnya.

Hal itu dilakukan mengingat jumlah pos pemadam yang tersebar saat ini dibeberapa sektor belum cukup ideal untuk melayani masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran di Kabupaten Bandung.

Kepala Diskar Kabupaten Bandung Kawaludin menuturkan sesuai rencana pihaknya akan mengupayakan pos dibangun di wilayah tengah untuk melayani Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Pameungpeuk.

"Tak hanya sekedar bangunan, 1 pos damkar itu berarti satu sistem, mulai infrastruktur gedung, unit kendaraan, personil dan juga biaya serta kelengkapan operasionalnya," ujarnya kepada wartawan, Selasa (15/10).

Saat ini, lanjut Kawaludin, baru ada 9 pos damkar di Kabupaten Bandung. Tiga pos eksisting yaitu di Soreang, Ciparay dan Cicalengka. Dan 6 pos lain ada di Taman Kopo Indah (TKI) Margaasih, Ciwidey, Pangalengan, Kertasari, Majalaya, Cileunyi.

"Dengan terus bertambahnya jumlah pos selain kesadaran melapor masyarakat meningkat respon time (waktu merespon) kami sampai ke TK 65 (lokasi kebakaran yang dilaporkan) juga makin tinggi," ucapnya.

Kawaludin menambahkan dari kelengkapan armada yang beroperasi pun masih kurang. Saat ini jumlahnya 18 unit terdiri dari 2 mobil tanki, 4 mobil pompa jepang dan sisanya mobil pancar biasa serta mobil rescue.

"Jumlah ini masih sangat kurang, idealnya harus ada 11 WMK (Wilayah Manajemen Kebakaran), 1 WMK itu minimal 1 pos, 1 pos idealnya 2 mobil. Di mako (Pos Soreang) minimal 10 mobil, ditambah di pos rata-rata 2 mobil berarti ada 20 mobil, tentunya kita masih banyak kekurangan armada," jelasnya. [yud]




Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00