KABUPATEN PURWAKARTA

Hari Pangan Diagenda Gempungan

Peristiwa  RABU, 16 OKTOBER 2019 , 15:57:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Hari Pangan Diagenda Gempungan

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika/RMOLJabar

RMOLJabar. Dipadukan dengan agenda Gempungan, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta peringati hari Pangan Sedunia ke-39 di Lapang Desa Cijantung Kecamatan Sukatani, Rabu (16/10).

Kegiatan diisi dengan lomba menu makanan non beras dan non terigu melibatkan tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan masyarakat setempat.

Dalam keterangannya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, upaya dalam mempertahankan lahan-lahan produktif sudah membuat regulasi dengan memperketat melalui Perda Tata Ruang.

Perda itu untuk mempertahankan alih fungsi lahan produktif pertanian menjadi daerah industri atau perumahan. "Kita tidak mengeluarkan rekomendasi untuk ijin lingkungannya," kata Anne.

Kemudian Anne juga akan mengembangkan wilayah agro bisnis, terutama Kecamatan Kiarapedes akan menjadi sentra produksi manggis. Bahkan, pihaknya telah berhasil mengekspore sekitar 30.000 ton manggis ke Cina dan negera lain. Hal itu membuktikan jika pertanian di Purwakarta dapat dikatakan berhasil.

"Kita akan meningkatkan mulai dari kualitas dan kuantitas, terutana masyarakatnya. nanti pada bulan februari masa panen manggis Purwakarta kita kembali gelar festival manggis, tujuannya untuk memotivasi para petani manggis dan masyarakat untuk terus menanam manggis di wilayah Kiarapedes, Wanayasa dan Kecamatan Bojong," ujar Ambu Anne.

Selain itu, Anne juga berkomitmen akan memperluas ke wilayah lain, semisal tumbuhan sorgum, karena secara ekonomi cukup menguntungkan.  "Tumbuhan itu tumbuh subur di Kecamatan Sukasari, Sukatani, kemudian Wanayasa juga sudah ada," kata dia.

Ia juga mengatakan, pada intinya pihaknya akan terus kembangkan pertanian yang berpotensi di Purwakarta, sehingga berkontribusi bagi masyarakat secara umum.

"Jadi hari pangan ini tidak hanya diperingati saja, melainkan harus mampu mempertahankan dan meningkatan dalam sistem pertanian," demikian Anne.[son]


Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA