Hari Pangan Sedunia, Disdagin Ajak Warga Bandung Kurangi 'Food Waste'

Peristiwa  RABU, 16 OKTOBER 2019 , 19:44:00 WIB | LAPORAN: TANTI SUGIHARTI

Hari Pangan Sedunia, Disdagin Ajak Warga Bandung Kurangi 'Food Waste'

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Gin gin Ginanjar/RMOLJabar

RMOLJabar. Hari Pangan Sedunia (HPS) atau World Food Day diperingati setiap tanggal 16 Oktober 2019. Tahun ini pemerintah mengangkat tema "Bijak Konsumsi Pangan".

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Gin gin Ginanjar mengatkan, tema itu diangkat karena Indonesia merupakan Negara ke-2 sebagai negara yang sering membuang makanan layak makan. Dia menilai Isu tersebut masuk kategori yang cukup besar, sehingga harus di sampaikan kepada masyarakat.

"Meskipun masyarakat memiliki hak untuk membeli, namun sebagai manusia kita harus bijak dalam mengkonsumsinya. Ingat bahwa kebutuhan meningkat, makanan terbatas,"jelasnya saat ditemui di Hotel Golden Flower, Jalan Asia Afrika, Bandung, Rabu (16/10).

Untuk itu, Disdagin Kota Bandung mengimbau kepada masyarakat untuk bijak dalam mengkonsumsi dan memanfaatkan makan sebaik mungkin, dan tidak boleh ada yang tersisa.

Dalam mengatasi masalah tersebut, melalui Dewan Ketahanan Pangan (DKP) akan membuat program atau kebijakan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurangi "food waste" dalam kehidupan sehari-hari.

"Salah satu program yang akan kita lakukan kedepan, kita sedang merintis kerjasama dengan perguruan tinggi untuk mencanangkan gerakan ini scara serentak,"paparnya.

"Salah satu contohnya kita akan mencoba mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi tentang bagaimana memanfaatkan atau mengkonsumsi pangan secara baik,"jelasnya.

Kendati demikian, Gingin mengatakan bahwa saat ini ketersediaan pangan di Kota Bandung relatif cukup.

"Kita selalu memonitor perkembangan, jadi kalau ada kecenderungan gejolak atau naik kita akan interpensi,"jelasnya.

"Dan selama ini mekanisme jalan jadi kita punya PD Pasar, Dinasindag, selalu lakukan survei dan mengelola jika ada kenaikan melakukan intervensi pasar,"lanjutnya.

Dalam memasok kesediaan pangan di Kota Bandung, Pemkot melakukan kerjasama dengan pengusaha. Hal ini untuk menjamin distribusi pangan ke Kota Bandung tetap stabil.

"Jadi jangan sampai saat dibutuhkan distribusinya tidak ada, nah kita sudah melakukan beberapa kerjasama dengan daerah-daerah penghasil pangan. Misalnya Kabupaten Ciamis, Blitar dan lainnya,"tegasnya.[son]



Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA