KABUPATEN PURWAKARTA

TMMD 106, Bakti TNI Untuk Rakyat

Ragam  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 10:39:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

TMMD 106, Bakti TNI Untuk Rakyat

TMMD ke 106 Kodim 0619 Purwakarta/RMOLJabar

RMOLJabar. Doa warga mengalir untuk Satgas TMMD Kodim 0619 Purwakarta yang kini masih berjibaku menyelesaikan pembangunan jalan sepanjang 650 meter yang menghubungkan Desa Cisaat, Kecamatan Campaka dan Desa Ciparungsari, Kecamatan Cibatu, Purwakarta.

Warga bahkan berpendapat kebersamaannya dengan TNI pada TMMD 106 seperti peribahasa, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Seberat apapun tugas yang diemban, dengan kebersamaan warga dan TNI terselesaikan dengan ringan.

"Kami berdoa semoga program ini berjalan lancar dan sukses. Kami mewakili masyarakat Kampung Babakan Cilandak menghaturkan terima kasih. Semoga Bapak-Bapak TNI di beri kekuatan dan kesehatan di dalam melaksanakan tugas mulia ini," ucap Karsa, warga kampung Babakan Cilandak, Desa Cisaat, Kamis (17/10).

Karsa bersama sejumlah warga lainnya melakukan kerja bakti di rumah sekitar lokasi TMMD dengan Serda Idah K Haryanto, Satgas TMMD 106, Anggota Koramil 1901/Wanayasa.

Sementara, Serma Andi Martha, Anggota Koramil 1903/Darangdan melaksanakan kegiatan Bintahwil di halaman SDN Cisaat. Satgas TMMD itu mengenalkan Pancasila kepada puluhan siswa SDN Cisaat.

Menurut Serma Andi, Sila ke 3 dan ke 5 Pancasila yaitu Persatuan Indonesia & Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia mengandung makna bahwa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan golongan.

Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia, maka harus dijaga bersama. Hal ini dengan mengamalkan sila-sila Pancasila, terutama sila ketiga yang mempunyai makna untuk persatuan bangsa Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia harus bersatu untuk kesatuan bangsa Indonesia yang merupakan negara memiliki bangsa, ras dan agama.

Sila ketiga sangatlah tercermin dari adanya sikap untuk menghargai dan menghormati sesama warga negara. Sehingga tercipta rasa damai dan tentram dalam hidup berbangsa dan akhirnya dapat mewujudkan Sila ke-5 yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Nurhasanah, Siswi Kelas VI SDN Cisaat mengatakan, senang dengan kehadiran anggota TNI di sekolahnya terlebih memberikan ilmu pengetahuan tentang Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

"Saya jadi tahu dengan pengamalan sila Pancasila sebenarnya. Setiap hari saya akan mengamalkan sila Pancasila ini karena besar sekali manfaatnya untuk kehidupan," kata Nurhasanah. [gan]


Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA