Tidak Puas Akan Revisi UU KPK, Mahasiswa Kembali Geruduk Gedung Sate

Peristiwa  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 18:25:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Tidak Puas Akan Revisi UU KPK, Mahasiswa Kembali Geruduk Gedung Sate

Mahasiswa berbagai kampusdi Bandung gelar unjuk rasa/RMOLJabar

RMOLJabar. Ratusan massa aksi gabungan dari elemen mahasiswa dan pemuda menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (17/10).

Berdasarkan pantauan, ratusan massa aksi mulai memadati kawasan Gedung Sate pada pukul 16:00. Selanjutnya, massa aksi pun memulai aksi dengan musikalisasi puisi.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Bandung (ITB), Royyan A. Dzakiy mengatakan, selain bentuk penolakan atas revisi UU KPK yang berlaku hari ini. Pihaknya pun meminta Presiden Joko Widodo untuk segera menerbitkan Perppu atas revisi UU KPK.

"Ini akan menjadi momentum dari kami sendiri dari jabar agar bisa menghighlits supaya bisa kembali teringat kepada masyarakat dan presiden agar mengangkat tuntutan yang telah diangkat berkali-kali yaitu mengeluarkan perppu untuk mengagalkan RUU KPK," ucap Royyan.

Lebih lanjut, Royyan mengungkapkan, jika Perppu tidak juga diterbitkan pihaknya siap mengawal untuk mengajukan Yudisial Review ke Mahkamah Konstitusi.

"Ya kan kita bisa paralel, begitu kita ambil (Judicial Review), opsi ini pun kita ambil. Itu tetep langkah yang kita kawal," ujarnya.

Ditemui ditempat yang sama, Ketua BEM Universitas Telkom Bandung, Yusuf menuturkan, pihaknya meminta pemerintahan yang baru untuk senantiasa berpihak kepada kepentingan masyarakat luas.

"Menuntut pemerintah untuk berpihak kepada rakyat daripada kepentingan elit," ujar Yusuf.

Selain itu, Yusuf menegaskan, mahasiswa meminta pemerintahan untuk mengusut tuntas meninggalnya beberapa mahasiswa yang melakukan aksi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Menolak segala bentuk pembungkaman aspirasi. Menuntut pemerintah, untuk mengehentikan tindakan sepresif dan menjamin keselamatan rakyat. Mendesak pemerintah untuk mengusut tuntas kematian demonstran," pungkasnya.

Perlu diketahui, hingga berita ini diturunkan massa aksi berpakaian hitam-hitam masih melakukan demonstrasi di depan Gedung Sate Kota Bandung. Namun, massa aksi mahasiswa sudah meninggalkan lokasi aksi. [yud]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA