Sinergitas Penanggulangan Bahaya Miras Dan Narkoba

Pemerintahan  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 19:17:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Sinergitas Penanggulangan Bahaya Miras Dan Narkoba

Sejumlah OPD di Purwakarta menggerla Rakor/RMOLJabar

RMOLJabar. Masalah peredaran miras dan narkoba di wilayah Kabupaten Purwakarta masih menjadi persoalan yang mebutuhkan perhatian khusus dari berbagai elemen masyarakat.

Untuk itu, teknis dan strategi penangannya dibahas bersama sejumlah steakholder dalam rapat koordinasi yang digelar di aula Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Kamis (17/10).

Nampak hadir dari Disporaparbud, Dinas Kesehatan, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta, Kepala Bagian Kesejahteraan rakyat (Kesra), dan Dinas Sosial, Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A), Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta dan Dinas Pendidikan setempat.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Agus Hasan Saefudin, mengatakan informasi yang disampaikan dari Sat Res Narkoba Polres Purwakarta bahwa saat ini maraknya peredaran minuman keras, oplosan dan narkoba di masyarakat khususnya pada anak usia sekolah dan pemuda di Kabupaten Purwakarta ini.

"Hal ini sudah pada tingkat mengkhawatirkan, terutama anak-anak muda pengguna narkoba dan miras. Untuk itu, kami mengundang semua instansi terkait untuk jalin sinergitas dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta, mengenai masalah Penanggulangan bahaya narkoba di kabupaten Purwakarta," kata Agus kepada sejumlah awak media.

Ia menambahkan, pihaknya tidak ada anggaran khusus untuk sosialisasi pencegahan bahaya narkoba. Namun di setiap kegiatan kepemudaan yang melibatkan anak muda, akan kita masukan sosialisasi bahaya narkoba dengan menghadirkan Sat Res Narkoba Polres Purwakarta untuk memberikan informasi mengenai masalah bahaya narkoba.

"Intinya kami disini khususnya yang membidangi kepemudaan merespon baik untuk melaksanakan kegiatan pencegahan, pemberantasan peredaran narkoba," ucapnya.

Sementara, Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius melalui Kepala Satres Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo mengatakan, ini sebagai langkah antisipasi harus segera dilakukan bersama guna mencegah agar generasi muda di Purwakarta tidak terjerumus mengkomsumsi narkoba maupun miras.

"Efek yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba maupun miras dapat mengganggu kesehatan serta masa depan generasi muda termasuk stabilitas keamanan," kata Heri.

Melalui rakor ini, dirinya berharap, seluruh pihak dapat bersam-sama melakukan langkah antisipasi dan upaya prefentif serta penegakan hukum menjadi hal utama yang harus dikedepankan.

"Harapannya nanti akan memperkuat pencegahan dan pengawasan terhadap peredaran miras dan narkoba di Kabupaten Purwakarta," ungkapnya.

Di samping itu, tambah dia, polisi dan elemen masyarakat lainnya menggelar deklarasi anti peredaran miras dan narkoba. Langkah tersebut untuk memperkuat komitmen dalam menanggulangi masalah miras.

"Sesuaikan arahan Pak Kapolres Purwakarta, mengerahkan Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) untuk terjun ke masyarakat dalam program door to door. Kegiatan ini untuk memberikan sosialisasi mengenai bahaya miras hingga tingkat masyarakat di desa hingga rukun tetangga (RT) maupun rukun warga (RW)," demikian AKP Heri. [yud]



Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA