Dinilai Darurat, DPRD Desak Gubernur Segera Realisasikan DOB

Politik  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 21:48:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Dinilai Darurat, DPRD Desak Gubernur Segera Realisasikan DOB

Pimpinan DPRD Jabar Achmad Ru'yat/Ist

RMOLJabar. Dinilai darurat, DPRD Jawa Barat mendesak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk segera merealisasikan usulan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) sebagai janji politik.

Hal tersebut, mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat 2018-2023.

Begitu dikatakan, pimpinan DPRD Jabar Achmad Ru'yat, di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro no. 27, Kota Bandung, Kamis (17/10).

Selain itu, DPRD Jabar juga mendapat desakan dari Forum Amanat Presiden (Ampres) berkaitan dengan pemekaran wilayah Calon Daerah Otonom Baru (CDOB) yang meliputi Sukabumi Utara, Garut Selatan dan Bogor Barat.

"Jabar pernah ada kajian untuk pemekaran pada masa pemerintahan Gubernur Yogie SM hingga 42 wilayah," ujar Achmad.

Saat ini, kata dia, dasar hukum atas perubahan UU no 32 Tahun 2004 yakni UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah melalui Biro Bidang Pemerintahan dan Kerjasam Pemprov Jabar untuk memfasilitasi secara efektif berkaitan dengan hal tersebut.

"Tak lain usulan CDOB itu yang pertama untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, kedua mempercepat terjadinya percepatan pembangunan di daerah yang ketiganya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata politisi dari PKS itu.

Selanjutnya kata dia, dinilai darurat karena dari beban daerah misalnya, wilayah Kabupaten Bogor selain luas wilayah dan jumlah penduduk yang sudah mencapai 5 juta penduduk. Maka suatu hal yang mendesak untuk pemekaran.

"Pemerintah pusat harus memberikan prioritas agar alokasi dari APBN diantaranya untuk pemekaran wilayah sesuai dengan usulan Presiden SBY waktu itu agar ada kebijakan anggaran melalui menkeu," ujarnya.

Achmad melanjutkan, dengan perbandingan wilayah di Jabar ada 27 kabupaten/kota sedangkan di provinsi lain dengan luas wilayah yang hampir sama, sudah memiliki lebih dari 30 kabupaten kota.

"Jelas pemekaran DOB ini sudah sangat mendesak dengan berbagai pertimbangan," ujar Achmad.

Lebih jauh, Achmad juga menuturkan pada 27 Desmber 2013, pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengirimkan surat kepada ketua DPR RI mengenai rancangan undang-undang tentang pembentukan kabupaten/kota di Jabar. [yud]


Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA