JAWA BARAT

Tuntut Tegaknya Kedaulatan Rakyat, Mahasiswa Kembali Turun Ke Jalan

Politik  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 23:22:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Tuntut Tegaknya Kedaulatan Rakyat, Mahasiswa Kembali Turun Ke Jalan

Unjuk rasa mahasiswa gabungan 17 universitas di Jabar tuntut tegaknya kedaulatan rakyat/RMOLJabar

RMOLJabar. Ratusan mahasiswa gabungan dari 17 Universitas di Jawa Barat, hari ini Kamis (17/10) kembali melakukan aksi ujuk rasa di depan Gedung Sate, Bandung. Mereka menuntut tak ada lagi upaya pengebirian kedaulatan rakyat oleh pemerintah dan memberikan kebabasan kepada rakyat untuk menyampaikan aspirasinya.

Demikian disampaikan perwakilan aksi, Yusuf Sugiarto yang juga presiden mahasiswa Telkom University, kepada media, Kamis (17/10).

"Mewujudkan kedaulatan rakyat. Upaya kita untuk terus bergerak dann mendorong pemerintah untuk segera merealisasikan kedaulatan daripada rakyat. Kemudian kita juga menuntut pemerintah untuk percaya kepada rakyat dan kepada elite begitu," kata Yusuf.

Adapun point-point tuntutan dalam aksi kali ini diantaranya, menuntut pemerintah untuk berpihak kepada rakyat daripada kepentingan elit, menolak segala bentuk pembungkaman aspirasi, menuntut pemerintah untuk menghentikan tindakan represif demi keselamatan rakyat.

"Mendesak pemerintah untuk mengusut tuntas kematian demonstran dan korban konflik papua. Mendesak pemerintah untuk segera menuntaskan permasalahan kedaulatan rakyat," ujar Yusuf lantang, yang kemudian diikuti oleh peserta aksi.

Adapun terkait RUU KPK, Yusuf menuturkan pihaknya akan terus  mendesak presiden agar berpihak kepada rakyat dibandingkan dengan partai politik.

"Kita tidak mau terus terusan berpusaran di ruu kpk sementara kita melihat hari ini demonstran banyak yang meninggal, sekarang sudah 6," ujar Yusuf.

"Saya tegaskan di konsolidasi Gerakan Jabar Menggugat bahwa satu nyawa pun tidak sebanding dengan permainan politik, tidak bisa dibayar. Jadi bukan hanya soal ruu KPK tapi meminta pemerintah berpihak kepada rakyat," sambungnya.

Pihaknya bertekad akan melawan setiap agenda yang bertujuan melemahkan KPK, baik melalui revisi undang-undang maupun segala bentuk rekayasa dalam pemilihan pimpinan lembaga anti rasuah.

"Kita akan kaji secara mendalam kemudian mempertimbangkan semua. Intinya pemerntah harus berpihak pada rakyat," ujarnya.

Dalam aksinya kali ini massa juga berkomitmen untuk akan serius,  mengawal pemerintah selama 5 tahun kedepan.[son]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA