Saran UIN SGD Bandung, RUU Yang Dianggap Kontroversial Dibawa Ke MK

Politik  JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 16:59:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Saran UIN SGD Bandung, RUU Yang Dianggap Kontroversial Dibawa Ke MK

Konpres Senat Mahasiswa UIN Bandung/RMOLJabar

RMOLJabar. Senat Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung menggelar konferensi pers di Aula Fakultas Adab dan Humaniora UIN SGD Bandung.

Konferensi pers tersebut adalah upaya dari senat mahasiswa untuk menyikapi kondisi kebangsaan menjelang pelantikan presiden.

Ketua umum Senat Mahasiswa UIN SGD Bandung, Umar Ali Muharrom mengatakan, Judicial Review (JR) adalah jalan terbaik untuk melakukan kritik konstruktif terhadap sejumlah RUU kontroversial.

"Kami telah melakukan kajian dari mulai dialog publik pada tanggal 7 Oktober dan tanggal 14 Oktober, kemudian mengikuti FGD pada tanggal 13. Dalam rangkaian kegiatan itu kami menemukan semacam kesimpulan bahwa menjelang pelantikan presiden ini kita harus menjaga spirit integrasi bangsa," ucap Umar, Jumat (18/10).

"Terkait sejumlah RUU kontroversi kami mengimbau seluruh mahasiswa untuk ikut mengajukan Judicial Review di Mahkamah Konstitusi (MK)," sambungnya.

Disinggung soal aksi mahasiswa turun ke jalan, Umar menilai bahwa sebaiknya terlebih dahulu melakukan jalur-jalur konstitusional mengingat menjelang pelantikan presiden, ada banyak celah di mana penunggang-penunggang gelap menyusup ke dalam aksi jalanan.

"Sebaiknya kita tempuh jalur MK demi menjaga kondusifitas. Lagi pula ini juga ujian bagi mahasiswa generasi 2019 bahwa kita mampu menggunakan institusi negara untuk kepentingan masyarakat bangsa," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA