Nama-Nama Representatif Tokoh Muda Di Kabinet Jokowi

Politik  JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 17:09:00 WIB | LAPORAN: YON MARYONO

Nama-Nama Representatif Tokoh Muda Di Kabinet Jokowi

Ilustrasi Menteri Jokowi/Net

RMOLJabar. Direktur Eksekutif Political and Public Policy Jerry Massie memprediksi ada sejumlah tokoh muda Indonesia bakal mengisi posisi di Kabinet Kerja Jilid II Jokowi.

Sejumlah nama yang bakal duduk di antaranya, Sandiaga Uno, Erick Tohir, Diaz Hendropriyono, Abdul Karding, Budiman Sudjatmiko, Agus Yudhoyono serta Taufik Basari, Ananda Prabowo, Adian Napitupulu dan Hilmar Farid.

Menurut Jerry, tidak masalah orang-orang muda atau lebih dikenal dengan julukan "mileneal" duduk di kabinet. Asalkan mereka punya high competence (kompetensi yang tinggi), educational background and organizational experiance (latar belakang pendidikan dan pengalaman organisasi) yang baik serta paling penting mampu menguasai bidang tersebut.

"Karena jabatan menteri bukan hanya pimpin organisasi kepemudaan. Contoh Sandiaga Uno bisa direkrut ke dalam kabinet lantaran dirinya memiliki sejumlah perusahaa. Jadi secara proporsional tahu persis soal ekonomi Indonesia," kata Jerry kepada Kantor Berita RMOLJabar melalui keterangan tertulisnya, Jumat (18/10).

Selanjutnya, tokoh muda yang duduk harus punya skill, ability and expert (keahlian dan kemampuan) manajerial yang baik, visioner, punya strong of leadership (kepemimpinan yang kuat), the power of leader (kekuatan memimpin), the art of the leader (seni memimpin), serta leadership spirit (jiwa kepemimpinan).

Ditambahkan peneliti politik dan kebijakan publik dari Amerika ini, usia bukan 20-25 tahun tapi lebih baik 30 tahun ke atas itu ukuran standar.

"Menteri mileneal bisa di posisi Menpora atau Kepala Kantor Sekretariat Presiden (KSP) seperti Ketua PKPI Diaz Hendropriyono, Erick Thohir, Taufik Basari, Menteri PDT Budiman Sudjatmiko atau Abdul Karding. Mereka sudah terukur, teruji dan punya pengalaman yang mumpuni, saya kira mereka punya kemampuan soal memimpin,” jelasnya.

Namun, kata Jerry, bukan semua mileneal bisa duduk di kabinet harus diseleksi dulu.

Selain itu, ada Agus Yudhoyono, putra presiden SBY ini sudah mulai matang dan mapan.

Kalau bisa, Jokowi mencari kaum mileneal yang sukses bergerak di bidang star-up yang lagi naik daun.

"Misalnya Bukalapak, Tokopedia dan sebagainya,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan, salah satu politisi yang punya kemampuan di atas rata-rata kaum mileneal adalah Taufik Basari.

"Secara empiris dan rasional saya kira dia bisa lantaran dia berpengalalam di Nasdem sebagai ketua bidang hukum dan advokasi. Dia memiliki high quality standard and skill untuk duduk di kabinet. Taufik sangat paham akan masalah hukum karena ini spesialisasinya. Sudah 2 kali jadi tim pembela Jokowi di MK,” tuturnya.

Kemudian, Jerry menyampaikan kalau di Golkar ada Tantowi Yahya.

"Dia saya kira bagus di posisi Menteri Luar Negeri. Putra asal Sumsel ini sudah teruji apalagi kini dia duduk di duta besar New Zealand. Saya pikir Tantowi punya kemampuan diplomatik yang kuat,” lanjutnya.

Adapula putra Megawati Prananda Prabowo yang bisa direkrut Jokowi masuk kabinet. Dia memiliki jiwa kepemimpinan yang diwariskan ayahnya presiden pertama RI Ir Soekarno.

Terakhir Jerry menekankan bukan semua mileneal bisa duduk di kementerian. Harus ada Fit and Proper Test (FPT) melihat rekam jejak atau track rercord dari yang bersangkutan. Lalu, kata dia, dari PKB ada nama Abdul Karding yang masuk TKN Jokowi-Maruf dan Lukman Edy.

"Keduanya bisa masuk kabinet. Selain enerjik, visioner kedua tokoh muda di PKB ini sudah malang-melintang di parlemen. Lukman juga Wakil ketua Komisi II ini sarat pengalaman dan pernah duduk di kabinet Jokowi 2014 silam. Putra Riau ini layak duduk di kabinet,” pungkasnya.

Kaum gender (perempuan) ada sejumlah nama yang mulai disebut-sebut di antaranya Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natali, Najwa Shihab dan putri mendiang Presiden Gus Dur Yenny Wahid. [gan]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA