KABUPATEN CIREBON

Aktivis Sosial Wanti-Wanti Masyarakat Soal Kades Yang Cacat Moral

Politik  JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 20:32:00 WIB | LAPORAN: YON MARYONO

Aktivis Sosial Wanti-Wanti Masyarakat Soal Kades Yang Cacat Moral

Satori/RMOLJabar

RMOLJabar. Mendekati hari Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Cirebon, yang akan jatuh pada tanggal 27 Oktober 2019, salah satu tokoh aktivis sosial memberikan warning.

Aktivis Sosial, Satori (47) mengatakan, masih maraknya praktik korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) yang terjadi di setiap peloksok Kabupaten Cirebon, akibat calon pemimpin yang tidak memiliki integritas.

"Kami sebagai aktivis sosial, berharap pada masyarakat yang akan melakukan Pilkades, agar tidak memilih calon Kepala Desa yang cacat moralnya," kata Satori ditemui di Bilangan Jalan Pangarengan Cirebon, Jumat (18/10).

Satori mengaku tidak habis pikir dengan masih adanya calon Kepala Desa yang sudah cacat secara moral, namun masih saja ikut kontestasi politik dalam pemilihan Kepala Desa. Hal ini menjadi warning untuk masyarakat, agar memilih calon Kepala yang bersih dan berintegritas.

"Kami sangat prihatin dengan masih adanya salah seorang calon Kepala Desa yang sudah cacat secara moral, padahal calon yang berinisial AH itu melakukan tindakan asusila pada anak di bawah umur, walaupun dalam prosesnya  diselesaikan secara kekeluargaan, namun calon seperti itu sudah cacat secara moral," ujarnya.

Menurutnya, Calon Kepala Desa harus memiliki track record yang baik dan bersih, agar nanti dalam memimpin pemerintahan dapat menjadi teladan bagi masyarakatnya. Tentunya calon Kepala Desa itu seorang yang belum memiliki cacat secara hukum maupun moral.

"Kami berharap, calon Kepala Desa yang pernah melakukan pencabulan dan penyalahgunaan wewenang dalam pelelangan aset Desa tidak dipilih oleh masyarakat," harapnya.

Ditambahkan Satori, jika calon yang sudah cacat secara moral dan memiliki permasalahan hukum namun menang dalam pemilihan Kepala Desa, maka pihaknya tidak segan-segan akan melakukan pelaporan pada pihak kepolisian maupun kejakasaan.

"Jika nanti setelah hari pemilihan Kepala Desa ternyata terpilih sebagai pemenang, maka kami akan melakukan pelaporan pada pihak penegak hukum," tegas Satori. [gan]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA