Nihil Singgung Korupsi, Pengamat Sayangkan Pidato Jokowi

Politik  MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 21:35:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Nihil Singgung Korupsi, Pengamat Sayangkan Pidato Jokowi

Joko Widodo/Net

RMOLJabar. Pengamat Politik yang juga Peneliti politik Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai Presiden Joko Widodo kehilangan komitmen pemberantasan korupsi. Pasalnya, dalam pidato Jokowi nihil menyinggung persoalan rasuah.

"Menyayangkan pidato presiden yang menghilangkan kosakata korupsi, padahal di akhir jabatan periode pertama, isu korupsi menjadi yang terpenting, terlebih ada upaya pelemahan melalui sistem kerja KPK dan regulasi," ujar Dedi, dalam keterangannya kepada Kantor Berita RMOLJabar, Minggu (20/10).

Menurut Dedi, hal itu mengingatkan seolah presiden mengulang apa yang ia sampaikan saat pidato kemenangan beberapa waktu lalu, di Sentul, Bogor.

"Mendengar pidato Presiden, menegaskan apa yang sudah disampaikan dalam pidato kemenangan waktu lalu, korupsi bukan prioritas, tentu mengkhawatirkan, bahkan dalam naskah pidatonya korupsi tidak muncul," katanya.

Dedi menyebut, komitmen pemberantasan korupsi merupakan faktor utama pembangunan. Banyak sektor yang lumpuh karena maraknya praktik korupsi.

"Presiden pasti memahami, birokrasi kita sudah baik dari sisi prosedur, menjadi kacau karena sabotase koruptor, seringkas apapun keinginan presiden memotong jalur birokrasi, jika komitmen pemberantasan korupsi lemah, maka cita-cita hanya jadi wacana, sulit terimplementasi," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA