Status Level II Gunung Tangkuban Parahu Diturunkan Menjadi Normal

Ragam  SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 13:33:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Status Level II Gunung Tangkuban Parahu Diturunkan Menjadi Normal

PVMBG Badan Geologi Bandung, Kasbani/RMOLJabar

RMOLJabar. Setelah hampir tiga bulan lamanya erupsi Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu sejak Jumat (26/7) lalu, kini status Gunung Tangkuban Parahu telah diturunkan statusnya dari level II (waspada) menjadi level I (normal) terhitung dari Senin (21/10) pukul 09.00 WIB oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Meski demikian, baik pengelola, wisatawan, maupun pedagang di Kawah Ratu tidak diperkenankan mendekati bibir kawah untuk menghindari terjadinya kemungkinan buruk.

"Di luar itu masih aman begitu, ya. Masyarakat dapat berkunjung dan beraktivitas di sekitar Gunung Tangkuban Parahu asal tidak masuk ke dalam sekitar bibir kawah dan tidak masuk ke dalam kawah aktif apalagi malam hari tidak boleh menginap di sana," kata Kepala PVMBG Badan Geologi Bandung, Kasbani saat ditemui di Kantornya.

Diterangkan dia, berdasarkan hasil pengamatan yang ditunjukkan baik oleh visual maupun data instrumen, aktivitas vulkanik Kawah Ratu sudah menurun.

"Cenderung turun dan stabil. Maka kami tetapkan bahwa pada hari ini, turun dari level dua waspada menjadi level satu normal," ujarnya.

Terkait potensi hujan lahar, dia menyebutkan, pada erupsi sebelumnya, material erupsi lebih banyak menumpuk di dalam kawah sementara di luar kawah sangat tipis sehingga potensi terjadi hujan lahar sangat kecil.

Meski begitu, masih ada indikasi erupsi freatik dan bisa terjadi secara tiba-tiba walaupun tidak perlu terlalu khawatir mengingat energi di dalam perut kawah cenderung menurun dan stabil.

"Makanya masyarakat tidak diperkenankan masuk ke dalam kawah atau mendeka ke kawah apalagi di malam hari. Sejauh ini bahaya gas beracun di daerah puncak ataupun di luar kawah itu relatif kecil ya, kecuali di dalam kawah," tandasnya. [yud]




Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA