Waspada Empat Bulan, Kini Status Gunung Tangkuban Parahu Normal

Ragam  SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:19:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Waspada Empat Bulan, Kini Status Gunung Tangkuban Parahu Normal

Gunung Tangkuban Parahu/Net

RMOLJabar. Status Gunung Tangkuban Parahu kini sudah berada pada level normal. Sebelumnya, selama empat bulan terakhir status Gunung Tangkuban Parahu berada pada level waspada.

Demikian disampaikan, Kepala PVMBG, Kasbani saat jumpa pers di gedung PVMBG, Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (21/10).

Menurutnya, status Gunung Tangkuban Parahu dinyatakan normal, lantaran tidak adanya aktivitas erupsi pada saat ini.

Lebih lanjut, Kasbani mengatakan, dengan diturunkannya status Gunung Tangkuban Parahu, berakhir juga rekomendasi penutupan kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu.

"Sejak jam 09:00 WIB tadi, Gunung Tangkuban Parahu statusnya turun dari waspada ke normal dan dengan kata lain tidak ada aktivitas di kawah gunung," ucap Kasbani

Kasbani menjelaskan, penurunan status waspada ke normal merupakan hasil daripada evaluasi data dan penilaian pihaknya. Satu diantaranya, sudah menurunya hembusan abu dari mulut gunung dan juga menusurnya asap secara signifikan.

"Kita juga pasang GPS secara temporer, semua indikasi tidak ada desakan dari bawah gunung, sekitar kawah juga di bawah ambang batas, di sekitar bibir juga relatif dibawah ambang batas," ujarnya.

Kasbani pun memastikan, pedagang sekitar yang biasa melakukan aktifitas di TWA Gunung Tangkuban Parahu, kini sudah diperbolehkan untuk berjualan.

"Pedagang sudah boleh kembali berjuana, Masyarakat tidak perlu khawatir soal status ini. Tapi, Masyarakat juga harus tetap mencari informasi soal lingkungan sekitar dan aktifitas terbaru dari Gunung Tangkuban Parahu," tuturnya.

Meski kembali normal, Kasbani menambahkan, pada malam hari warga atau pedagang tetap disarankan untuk tidak melakukan aktivitas di TWA Gunung Tangkuban Parahu. Pasalnya, aktivitas erupsi pada gunung api biasanya terjadi pada malam hari.

"Objek wisata sudah boleh dibuka kembali ini sepenuhnya jika siang, namun malam hari masih belum memungkinkan untuk berada didekat gunung," pungkasnya. [yud]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00