Bankeu Mandek, Sejumlah Fraksi DPRD Ciamis Akan Layangkan Hak Interpelasi

Politik  SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 00:44:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Bankeu Mandek, Sejumlah Fraksi DPRD Ciamis Akan Layangkan Hak Interpelasi

FSDI bersama Anggota DPRD Ciamis/RMOLJabar

RMOLJabar. DPRD Ciamis berencana mengeluarkan Hak Interpelasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis. Hak Interpelasi akan digunakan DPRD jika Pemkab Ciamis tidak segera menyalurkan Bantuan Keuangan (Bankeu) untuk desa-desa yang sudah dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019.

Begitu disampaikan Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Syarif Sutiarsa, Senin (21/10).

"Kami akan melayangkan hak interpelasi terkait Bankeu desa 2019," tegas Syarif saat menerima Audiensi Forum Solidaritas Desa Seluruh Indonesia (FSDI) Kebupaten Ciamis di Ruang Banmus DPRD Ciamis.

Menurut Syarif, sudah ada empat Fraksi yang sepakat untuk menggunakan Hak Interpelasi terkait mandeknya pencairan Bankeu APD 2019 tersebut. Diantaranya, Fraksi PKS, PDIP, dan Partai Golkar.

Jika Pemkab Ciamis tidak melaksanakan atau mengabaikan peraturan yang sudah disepakati bersama-sama dengan DPRD Ciamis, maka DPRD sebagai lembaga legislatif mempunyai Hak Interpelasi.

"Hak Interpelasi itu kan cukup berat," ujarnya.

Syarif menjelaskan, Bankeu desa tidak kunjung keluar lantaran terganjal oleh Peraturan Bupati (Perbup) Ciamis Nomor 19 A Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Ciamis Nomor 48 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pengelolaan Belanja Subsidi, Belanja Bagi Hasil, Bantuan Keuangan, dan Belanja Tidak Terduga.

Padahal, tegasnya, Perbup tersebut tidak bisa menghambat penyaluran Bankeu 2019. Karena Bankeu ini diatur Peraturan daerah tentang APBD yang derajatnya lebih tinggi ketimbang Perbup.

"Perbup tidak bisa menjadi dasar pencoretan atau penangguhan penyaluran Bankeu tahun 2019 karena APBD itu sudah disepakati bersama antara Bupati dan DPRD," tegasnya.

Sementara itu, Ketua FSDI Mohamad Abdul Haris menegaskan, pihaknya meminta DPRD Ciamis agar segera mencairkan Bankeu 2019 untuk kelancaran Pemerintahan desa.

"Ada dua masalah yang kami sampaikan, terkait harapan para kepala desa agar Bankeu 2019 disalurkan tahun ini dan agar DPRD menaikan anggaran dana desa (ADD) 2020 untuk biaya operasional yang tidak seimbang dengan beban kerja pemerintah desa," ujar Kepala Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeunjing itu. [rizal/gan]


Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00