KNPI Dan PMKRI Kabupaten Bogor Dorong Pemda Segera Terbitkan Perda Kepemudaan

Politik  SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 09:19:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

KNPI Dan PMKRI Kabupaten Bogor Dorong Pemda Segera Terbitkan Perda Kepemudaan

Pengurus KNPI dan PMKRI Kabupaten Bogor/RMOLJabar

RMOLJabar. DPC Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Bogor dorong terwujudnya Bogor jadi kabupaten layak pemuda. Oleh karena itu, mereka mendorong pemerintah darah segera membuat dan memberlakukan Perda Kepemudaan.

Ketua Presidium PMKRI Bogor Dominikus Dowo Koten mengatakan, Perda Kepemudaan sangat penting sebagai dasar pemerintah daerah menyiapkan infrstruktur dan aturan turunan yang mendukung Bogor jadi Kabupaten layak pemuda.  

"Penguatan ini tentu harus didukung  oleh organisasi kepemudaan masyarakat ataupun organisasi kemahasiswaan se-Bogor agar Perda yang diharapkan dapat segera terealisasi," ujarnya, Senin (21/10)

Menurut Koten, seluruh organisasi kepemudaaan di Kabupaten Bogor diharapkan ikut memberikan dukungan dan proaktif mendorong Pemda dan DPRD agar mempercepat lahirnya perda tersebut.

"Saya berharap seluruh pihak dapat berkerja sama mewujudkan langkah yang sangat tepat ini," ucapnya.

Senada dengan Koten, Ketua KNPI Kabupaten Bogor, Hasyemi Faqihudin menyebut bila peraturan perundang-undang sudah mengamanatkan kepada pemerintah daerah dan DPRD untuk menyiapkan infrastruktur dan aturan yang mendorong tumbuh kembangnya para pemuda di wilayahnya masing-masing.

"Sangat jelas bahwa UU tentang kepemudaan no 40 tahun 2009 yang kemudian hadir juga permen kepemudaan Nomor 59 tahun 2013 menjadi sebuah tanggung jawab daerah merumuskan dan menetapkan perda kepemudaan," Hasyemi.

Dia mengingatkan bila Perda Kepemudaan yang dibuat Pemda harus mengakomodasi kepentingan pemuda. Oleh karena itu, penyusunannya pun wajib melibatkan para pemuda agar materi yang masuk genuine aspirasi dan kepentingan anak muda.

"Kita akan sama sama usulkan dan dorong, bahwa jelas hak pemuda jangan sampai dikebiri juga dimainkan oleh oknum yang seyogyanya bukan lagi usia produktif pemuda. Maka KNPI pun saat ini kita ubah paradigma bahwa KNPI bukan elit kepemudaan akan tetapi wadah yang memperjuangan hak kepemudaan," pungkasnya.[son]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA