KABUPATEN TASIKMALAYA

Hari Santri, Iwan Saputra Ajak Masyarakat Mendoakan Para Syuhada

Peristiwa  SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 10:26:00 WIB | LAPORAN: NANANG YUDI

Hari Santri, Iwan Saputra Ajak Masyarakat Mendoakan Para Syuhada

Ilustrasi/net

RMOLJabar. Memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober, Calon Bupati Tasikmalaya, Iwan Saputra mengajak seluruh masyarakat untuk mengirim doa pada para syuhada dan pahlawan yang telah gugur berjuang dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

"Mari kita semua menundukan kepala dan mengheningkan cipta untuk mendoakan para syuhada dan para pahlawan kusuma bangsa yang ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia," ungkap Iwan Saputra, Selasa (22/10).

Menurutnya, Hari Santri harus diperingati oleh seluruh masyarakat sebagai bentuk penghargaan kepada ulama dan santri yang telah ikut berjuang dan berjihad merebut kemerdekaan dari kaum penjajah.

"Sesuai Kepres Nomor 22 Tahun 2015, Hari Santri telah ditetapkan tanggal 22 Oktober. Hal ini bertepatan dengan diumumkannya fatwa resolusi jihad oleh KH Hasyim Asy'ary yang menyerukan untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan fardhu ain atau wajib," tegasnya.

Pengorbanan santri dalam mempertahankan kemerdekaan, kata Iwan, begitu besar sehingga banyak yang gugur menjadi syuhada melawan penindasan kaum penjajah yang ketika itu selalu merongrong bangsa Indonesia ini.

"Atas pengorbanan para santri, sudah semestinya kita semua untuk mengheningkan cipta dan mendoakan para syuhada, pahlawan bangsa dan semoga ditempatkan di sisi Allah Swt, amiin," ucapnya.

Iwan menegaskan perjuangan para santri merupakan tonggak sejarah patriotisme yang harus diketahui oleh generasi penerus bangsa Indonesia.

"Perjuangan santri adalah tonggak sejarah dalam mempertahankan kemerdekaan yang harus dikenang dan menjadi tauladan bagi generasi penerus bangsa," pungkasnya.[son]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00