Buku The Ma'ruf Amin Way Disambut Pelaku Ekonomi Kerakyatan

Politik  SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 17:52:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Buku The Ma'ruf Amin Way Disambut Pelaku Ekonomi Kerakyatan

Peluncuran buku The Ma'ruf Amin Way/RMOLJabar

RMOLJabar. Mengintegrasikan tiga hal penting yakni, Sistem Ekonomi Pancasila, kondisi ekonomi kekinian, dan pemikiran ekonomi KH Ma'ruf Amin secara bersamaan, buku The Ma'ruf Amin Way mencuri perhatian komunitas ekonomi tanah air.

Pasalnya, buku versi Bahasa Inggris yang ditulis Anwar Abbas dan Sahala Panggabean ini menjadi salah satu buku panduan untuk pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Anggota KSP Nasari Cabang Bandung, Ramanuan Samosir mengungkapkan, diluncurkannya buku The Ma'ruf Amin Way membuat dirinya senang berpadu bangga. Karena, buku tersebut mewakili prinsip ekonomi kerakyatan yaitu koperasi sebagai pilar ekonomi bangsa.

"Dalam buku tersebut pun terdapat ide dan gagasan yang sangat brilian dalam memajukan ekonomi kerakyatan khususnya koperasi," kata Ramanuan saat ditemui di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (22/10).

Menurut Ramanuan, Sahala Panggabean yang menjadi penulis buku tersebut merupakan orang yang sangat ahli dalam hal ekonomi kerakyatan. Bahkan, sangat layak apabila Sahala diberi kesempatan dalam jajaran kabinet Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf sebagai Staf Ahli Kepresidenan di bidang ekonomi kecil dan menengah.

"Sebagai orang yang sangat kompeten di bidang ekonomi kerakyatan, tentu kemampuan beliau tidak usah diragukan lagi," ungkapnya.

Munculnya persepsi tentang Sahala, dibeberkan Ramanuan, selama menjadi anggota KSP Nasari, dirinya banyak melihat perkembangan dan kemajuannya karena terus ditopang inovasi dan kenyamanan dalam pelayanannya.

"Jadi berkat beliau, KSP Nasari ini sudah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia karena banyak masyarakat yang percaya apalagi banyak pula membuka lapangan pekerjaan sehingga tingkat pengangguran di Indonesia dapat terkurangi," ujarnya.

Sementara itu, hal senada disampaikan anggota KSP Nasari Cabang Tasikmalaya, Darsono. Menurutnya, ide dan gagasan dalam buku tersebut  dapat diimplementasikan untuk kemajuan ekonomi kerakyatan, khususnya koperasi. Sehingga ia berharap, Sahala diberi kepercayaan pemerintah.

"Mudah-mudahan bisa jadi ketua Dekopin, wadah gerakan koperasi yang menjadi tandem pemerintah untuk revitalisasi pemberdayaan koperasi," tukasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00