Charging Mobil Listrik Sudah Ada Di Kota Bandung

Ekbis  SELASA, 29 OKTOBER 2019 , 07:01:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Charging Mobil Listrik Sudah Ada Di Kota Bandung

Peluncuran SPKLU/RMOLJabar

RMOLJabar. Hari Listrik Nasional Ke-74, Pembangkit Listrik Nasional (PLN) Induk Distrik Distribusi Jawa Barat meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), di Kantor PLN UP3 Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta Nomor 436, Kota Bandung, Senin (28/10).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana mengatakan, peluncuran ini merupakan khusus memperingati Hari Listrik Nasional (HLN).

"Nah ini digunakan untuk kendaraan listrik mobil, sedangkan mesin Electric Vehicle Charging Station berstandar internasional, bisa digunakan pada kendaraan buatan Jepang, Korea dan Amerika," ucap Iwan.

Iwan mengungkapkan, pemakain SPKLU dinilai lebih ekonomis dibandingkan dengan SPBU pada umumnya. Hal itu dikarenakan tidak menggunakan tanki bawah tanah, cukup memanfaatkan parkir saja kemudia dicharge.

"40 menit sudah bisa mengisi ketersedian listrik secara cepat, kemudian mobilnya tidak mengeluarkan asap dan bunyi, pure mobil listrik," ujar Iwan.

Iwan menuturkan, saat ini pihaknya akan terus mencari lokasi untuk penambahan SPKLU. Namun untuk saat ini Kota bandung merupakan kota perdana yang memiliki SPKLU di Jawa Barat. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan akan ditambah kota lain, seperti Bogor dan Depok.

"3 bulan kedepan kemungkinan bertambah lagi, kita sedang mencari lokasi selanjutnya, kita juga butuh dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung, kemudian di tempat keramain, tempat anak muda minum kopi," ujarnya.

Ditemui ditempat yang sama, Kadis Sumber Energi dan Sumberdaya Mineral Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyulyono menambahkan, peluncuran SPKLU, merupakan salah satu keberhasilan dari kebijakan Pemprov Jabar yaitu mengurangi ketergantungan fosil.

"Jelas kita mendorong inovasi bahkan pada tahap regulasi, sekarang sudah mulai berkembang," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00