KOTA CIREBON

BI Meraba Peluang Ekonomi Di Segitiga Rebana

Ekbis  RABU, 30 OKTOBER 2019 , 15:24:00 WIB | LAPORAN: SYAH RONI

BI Meraba Peluang Ekonomi Di Segitiga Rebana

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Cirebon, Sudono/RMOLJabar

RMOLJabar. Mencari peluang pertumbuhan ekonomi di Segitiga Rebana, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon adakan dialog ekonomi bersama Pemprov Jabar di salah satu Hotel di Kabupaten Cirebon, Selasa (29/10) kemarin.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Cirebon, Sudono mengatakan bahwa pihaknya ingin mengetahui perkembangan wacana yang telah dicanangkan oleh Pemprov Jabar tersebut, yang digadang-gadang akan menjadi pusat perekonomian di Jawa Barat.

"Kita ingin mendapatkan informasi dari tangan pertama mengenai Segitiga Rebana. BI Cirebon sendiri masih meraba-raba untuk mencari peluang ekonomi di kawasan tersebut", ungkap Sudono.

Melalui kegiatan tersebut, dikatakan Sudono, pihaknya berharap Pemda/Pemkot di Ciayumajakuning maupun para pelaku usaha akan mendapat informasi sehingga dapat menyiapkan diri untuk menyambut Segitiga Rebana.

Kita lihat itu sebagai peluang. Pertanian, industri, pariwisata kita harapkan akan lebih berkembang lagi jika Segitiga Rebana dapat benar-benar terwujud”, jelasnya.

Sementara, Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Jawa Barat Iendra Sofyan mengatakan Rebana merupakan salah satu visi misi Jawa Barat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat yang salah tujuannya adalah untuk mengurangi angka pengangguran dengan menyerap tenaga kerja.

Untuk pertumbuhan ekonomi, kita sampai saat ini di atas rata-rata nasional. Tentunya Pak Gubernur ingin terus mempertahankan bahkan meningkatkan itu”, ujarnya.

Selain itu juga untuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat melalui rencana induk pembangunan industri nasional (Ripin). Di Jawa Barat, kata Iendra, terdapat dua wilayah pusat pengembangan industri (WPPI), yakni WPPI 1 di Bekasi-Karawang, kemudian WPPI 2 di wilayah Cirebon.

Untuk itu, ia menilai tidak salah jika pemerintah pusat mendorong pembangunan infrastruktur baik jalan tol, Jatigede, Patimban, Kertajati agar pertumbuhan ekonomi dapat merata di setiap wilayah barat, timur, utara dan selatan.

Ia pun meminta kepada Pemkab/Pemkot yang masuk dalam kawasan tersebut agar mempersiapkan diri untuk dapat mendukung pertumbuhan ekonomi melalui Segitiga Rebana.

"Kita minta Pemkab/Pemkot untuk mendukung yang salah satunya dengan membuat RTRW yang sesuai, agar apa yang kita rencanakan tidak bertolak belakang”, katanya.

Di samping itu, Pemkot/Pemkab pun diminta untuk menyiapkan tenaga kerja kompeten dalam bidang perindustrian yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Karena untuk tenaga kerja tidak hanya perihal kuantitas, tetapi kualitas. Untuk itu, Pemerintah juga mendorong dengan menyediakan vokasi dan memperbaiki skema SMK agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan industri”, tandasnya.[son]




Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00