Stadion Wibawa Mukti Kandidat Venue Piala Dunia, Begini Persiapannya

Olahraga  JUM'AT, 01 NOVEMBER 2019 , 17:05:00 WIB | LAPORAN: SEPRIYANTO

Stadion Wibawa Mukti Kandidat Venue Piala Dunia, Begini Persiapannya

Stadion Wibawa Mukti/RMOLJabar

RMOLJabar. Indonesia sudah dipastikan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Indonesia mengalahkan kandidat lainnya yang ikut mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2021, yakni Brasil dan Peru.

Stadion Wibawa Mukti yang berada di Kabupaten Bekasi nantinya menjadi kandidat salah satu venue dalam gelaran sepak bola U-20 tingkat dunia ini.

Menanggapi hal ini, Ketua Koni Kabupaten Bekasi, Reza Lutfi Hasan berharap dengan dipercayanya Stadion Wibawa Mukti menjadi Venue Piala Dunia U-20 ini. Selanjutnya Pemkab Bekasi dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan suksesnya kegiatan tersebut.

"Ini gengsi daerah, ketika kita ditunjuk jadi tuan rumah piala dunia. Even ini berarti even mendunia, berarti kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Jangan sampai membuat kita malu," ungkapnya kepada Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (1/11).

Dengan kegiatan ini, dapat membangkitkan animo masyarakat tentang sepak bola dan harapannya dapat sejalan juga dengan prestasi olahraga.

Selain itu, ia menilai kesiapan infrastruktur untuk menyongsong piala dunia sudah cukup baik. Namun perlu adanya beberapa penambahan.

"Setiap even itu punya standar sendiri. Apalagi even internasional. Tinggal bagaimana dinas memenuhi apa yang dibutuhkan. Pokoknya jangan sampai ada kelemahan dan kekurangan apapun. Yang harus dilengkapi menurut saya seperti tempat ngegym untuk pemain, kemudian lapangan pendukung yang perlu diperhatikan," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Disbudpora Kabupaten Bekasi, Hendri Lincoln menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menunggu Assessment dari pusat. Oleh karenanya saat ini pihaknya belum dapat melakukan tindakan apapun untuk gelaran piala dunia tersebut.

"Saat ini kan yang dipersiapkan ada 10 stadion, nah dari 10 ini, nantinya bakal dikerucutkan menjadi 6 stadion, kita masih menunggu assesment dari surat yang kita layangkan," bebernya.

Bila sudah disetujui, maka usulan soal lapangan pendamping dan sarana gym juga bakal disiapkan. Baik itu bersumber dari anggaran APBD, Kementerian ataupun dari Fifa itu sendiri.

"Kita minta ini itu juga kok, kan masih 2021, yang pertama kita belum lengkap lapangan pendamping, rumputnya harus bagus, ada ruang pengganti dan jaraknya gak jauh dari stadion utama. Kita siapkan lapangan pendamping untuk dibenahi seperti Stadion Cikarang, Stadion Tambun Selatan, Stadion Bojong Mangu, dan lapangan Pasir Tanjung," bebernya.

"Selain itu, untuk di Stadion Wibawa Mukti kita juga minta dilengkapi ruang fitness, screen buat papan skor kita tambah satu lagi, kemudian Whirlpool buat mandi air panas," imbuhnya.

Sarana ini, nantinya bakal dilengkapi dengan sharing anggaran. "Pembagian porsi kerjanya biasanya setelah ada surat assesment itu, yang mau nganggarin berapa dari Kemenpora, berapa dari kita, makanya kita belum bisa ngomong banyak soal ini,"  tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00