KABUPATEN BANDUNG BARAT

Kawasan Lembang Rawan Tindak Kejahatan Curanmor

Hukum  SELASA, 05 NOVEMBER 2019 , 22:12:00 WIB | LAPORAN: ALVIN ISKANDAR

Kawasan Lembang Rawan Tindak Kejahatan Curanmor

Curanmor di halaman Masjid At-Taqwa Lembang/RMOLJabar

RMOLJabar. Kawasan Lembang - Kabupaten Bandung Barat (KBB) kerap menjadi sasaran tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Dalam bulan ini saja, sedikitnya Kepolisian Sektor (Polsek) Lembang menerima 20 laporan kehilangan dari masyarakat di seluruh Kecamatan Lembang.

Bahkan belum lama ini, pelaku curanmor nekat menggasak dua unit motor sekaligus yang terparkir di halaman Masjid At-Taqwa Lembang saat korban dan warga lainnya melaksanakan ibadah Salat Magrib.

Kanit Reskrim Polsek Lembang, Ipda Yuhadi mengatakan, Satreskrim Polsek Lembang sudah melakukan koordinasi dengan Ranmor Polres Cimahi terkait tindak kejahatan curanmor yang marak terjadi di Kawasan Lembang. Bahkan, Polsek Lembang sudah melakukan penyelidikan terutama terhadap pelaku curanmor yang wajahnya terekam kamera pengawas (CCTV) yang terpasang di sekitar masjid di Jalan Kayuambon ini.

"Memang sesuai yang terlihat di CCTV ada satu pelaku sudah jelas lah wajahnya, itu yang sedang kita lidik," ucap Yuhadi saat ditemui di Polsek Lembang, Selasa (5/11).

Curanmor di halaman Masjid At-Taqwa, sebut dia, berdasarkan rekaman kamera pengawas pelaku berjumlah empat orang berboncengan menggunakan dua motor jenis matic. Modusnya, satu dari pelaku bertugas mengalihkan (perhatian) dan memantau situasi di lokasi masjid sementara tiga rekan lainnya bertugas mengeksekusi dengan cara membobol kunci motor menggunakan kunci astag (kunci T).

"Pada saat itu sedang Salat Magrib (pelaku curanmor) masuk ke masjid. Satu orang bertugas melihat kondisi di toilet, dan melihat situasi, kemudian yang tiganya bergerak langsung melakukan pencurian kendaraan tersebut," ujarnya.

Dari hasil lidik di tempat kejadian perkara (TPK), dia membeberkan, dua motor raib digondol para pelaku yang masing-masing motornya jenis matic dengan merk Honda Beat dan Honda Vario.

"(Satu) tersangka memang jelas di cctv. Yang tiganya memang memakai helm kemudian yang satu memakai sweater itu yang mengalihkan dan melihat situasi di sekitar lokasi," paparnya.

Dalam setiap bulannya, dia menyampaikan, Polsek Lembang kerap mendapat puluhan laporan kehilangan kendaraan bermotor yang terjadi di Kawasan Lembang.

"Di bulan September ini saja sudah ada 20 laporan, tapi yang banyak itu bulan Agustus kemarin, sampai 29 laporan," bebernya. [gan]


Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA