Fraksi PDIP Sebut DPRD Ciamis Hanya Jadi Alat Legitimasi Kebijakan Eksekutif

Politik  RABU, 06 NOVEMBER 2019 , 19:19:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Fraksi PDIP Sebut DPRD Ciamis Hanya Jadi Alat Legitimasi Kebijakan Eksekutif

Rapat Paripurna DPRD Ciamis/RMOLJabar

RMOLJabar. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis Syarif Sutiarsa menyayangkan, banyak anggota dewan Ciamis yang tidak menjalankan fungsi anggarannya dengan baik.

Syarif mengatakan, Rapat Paripurna penyampaian Rancangan peraturan daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Ciamis tahun 2020 sudah disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pada Selasa (6/11) kemarin.

Namun, lanjut anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dalam pembahasan APBD tahun anggaran 2020 banyak Anggota DPRD Ciamis yang hanya menjadikan lembaga legislatif ini sebagai alat untuk memuluskan segala kemauan Pemerintah Kabupaten Ciamis.

"DPRD Ciamis sudah dijadikan alat legitimasi oleh orang tertentu untuk mengesahkan apa yang jadi kemauan Pemerintah Kabupaten Ciamis, tanpa mengoptimalkan fungsinya," kata Syarif di Kantornya, Rabu (6/11).

Menurutnya, setelah penyampaian Raperda APBD, saat ini setiap Anggota DPRD Ciamis menyelidiki ketepatan dari Raperda yang disampaikan Herdiat. Dia menegaskan, DPRD harus memastikan bahwa pemerintah daerah sudah mengatur APBD dengan tepat sesuai dengan kebutuhan daerah.

"DPRD punya fungsi anggaran sebagai perwujudan dari adanya mekanisme saling mengawasi dan saling mengimbangi. Sehingga setiap lembaga negara, baik bidang legislatif maupun eksekutif, berada pada kedudukan yang setara dan dapat menjalankan segala tugasnya dengan baik dan benar," ujarnya.

Dia menegaskan, tanpa menjalankan fungsinya dengan baik, akan ada kemungkinan bahwa penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan dengan baik.

"Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa tiap-tiap DPRD Ciamis menjalankan fungsinya dengan baik dan benar tidak hanya menjadi alat kepentingan lembaga eksekutif," tegasnya.[rizalnurdiana/son]



Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA