Kota Bandung Targetkan 1800 Unit Rutilahu Selesai Akhir 2019

Pemerintahan  KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 14:23:00 WIB | LAPORAN: TANTI SUGIHARTI

Kota Bandung Targetkan 1800 Unit Rutilahu Selesai Akhir 2019

Agus Hidayat/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Penduduk dan Pertamanan (DPKP3) menargetkan 1800 Rumah Tidak Layak Huni akan diselesaikan tahun 2019.

Anggaran yang digelontorkan diperkirakan senilai Rp27 miliar dengan estimasi setiap rumah sebesar Rp15 juta.

"Kita memang menargetkan tahun ini sebanyak 1800 sampai 2000 unit rumah tidak layak yang kita bisa tangani," kata Agus Hidayat, Sekretaris DPKP3 Kota Bandung di Balaikota Bandung, Kamis (7/11).

Agus menambahkan, untuk menyamakan persepsi, dana tersebut hanya bentuk stimulan. Sebab dipastikan total dana tersebut tidak akan cukup bila dibandingkan dengan harga bahan bangunan sekarang.

"Dana tersebut perlu diketahui hanya bentuk stimulan, kita berharap masyarakat tidak hanya berharap bantuan dari pemerintah tapi harus berusaha juga," paparnya.

Biasanya, kata Agus, warga tersebut memberlakukan sistem iuran, ia mencontohkan sesuai kesepakatan bersama rumah tangga siapa yang terlebih dulu diperbaiki. Sampai selanjutnya pemerintah kembali memberikan dana stimulan tersebut. Tapi pihaknya memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran.

"Kita juga punya tim pengecekan lapangan, bahkan ada data yang menunjukan dalam satu rumah ada 8 keluarga," sampainya.

Adapun katagori bagi rumah tidak layak huni (rutilahu) tersebut di antaranya ialah dalam satu rumah dihuni lebih dari satu keluarga, bahkan yang ditemukan sampai saat ada sampai delepan keluarga.

Selanjutnya, sebagai syarat penuh mendapatkan bantuan tersebut harus tanah milik karena ini merupakan syarat dari pusat. Kemudian masyarakat tersebut sudah lama bertempat tinggal di Kota Bandung. [gan]


Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA