Sapma PP Purwakarta Distribusikan Bantuan Air Bersih

Ragam  KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 19:14:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Sapma PP Purwakarta Distribusikan Bantuan Air Bersih

Sapma Purwakarta distribusikan air bersih/RMOLJabar

RMOLJabar. Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) Kabupaten Purwakarta distribusikan 24 ribu liter bantuan air bersih ke tiga titik kekeringan di wilayah setempat.

Puluhan ribu liter air bersih itu didistribusikan untuk masyarakat di Perumahan Gandasari Desa Cigelam Kecamatan Babakan Cikao, Kampung Sumba Bongas RT 20 RW 04 Kelurahan Sindangkasih Kecamatan Purwakarta, dan di Kampung Ciganea RT 08 RW 03 Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Kamis (7/11).

Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Purwakarta, Nina Heltina mengatakan, Sapma sebagai organisasi pelajar dan mahasiswa di bawah Pemuda Pancasila menitikberatkan pada dorongan untum meningkatkan kesejahteraan sosial.

"Hal ini juga sebagai wujud nyata pengabdian Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian terhadap masyarakat. Jadi oleh Sapma hal ini juga dipupuk untuk kalangan pelajar yang tergabung dalam Pemuda Pancasila," kata Teh Nina.

Menurut Anggota DPRD Purwakarta ini, kegiatan ini juga merupakan bagian dari pembinaan para generasi muda PP agar lebih peka lagi terhadap permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan sekitar.

"Kita pupuk kepekaan sosial para generasi muda, agar lebih peduli lagi terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Hal-hal positif harus ditanamkan sejak belia," katanya.

Sementara, Ketua Pelaksana Bantuan Air Bersih, Bayu Respaty Nurana mengatakan, hal ini sebagai respon cepat terkait keluhan masyarakat mengenai sulitnya mendapatkan air bersih dari dampak musim kemarau panjang.

"Meski beberapa hari ini hujan sudah turun di Purwakarta, namun kebanyakan sumur-sumur warga di titik kekeringan belum bisa dimanfaatkan. Karena butuh beberapa minggu lagi sebelum air bawah tanah benar-benar bisa dimanfaatkan," kata Bayu.

Ia menyebut, hal ini sebagai kepedulian Sapma PP dan WPS. INC terhadap kondisi masyarakat di titik kekeringan. Sapma PP Purwakarta sendiri menerjunkan puluhan anggota untuk membantu pendistribusian air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan air bersih untuk keperluan hidup sehari-hari," katanya.

Di masing-masing titik Sapma PP dan WPS. INC membagikan dua tanki, yang satu tankinya berkapasitas 4000 liter air bersih.

Sementara, Ketua RT 20 RW 04, Sindangkasih, Adam Mastabrata mengatakan, sudah banyak bantuan yang dikirim ke wilayahnya. Saat kemarau lalu, selama tiga bulanan hampir kebanyakan warga membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Di sini ada sarana air bersih (SAB) cuman terbengkalai dan memerlukan perawatan. Karena minimnya dana dan fasilitas yang kurang memadai. Bantuan secaman ini cukup membantu. Kami berterima kasih," kata Adam. [yud]





Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00