HLKI Nilai OJK Lalai Dalam Kasus Akumobil

Ragam  KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 22:36:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

HLKI Nilai OJK Lalai Dalam Kasus Akumobil

Korban Akumobil sambangi HLKI Jabar/RMOLJabar

RMOLJabar. Ketua Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI) Jabar, DKI, dan Banten Firman Turmantara menduga terdapat kelalaian dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas kasus dugaan penipuan akumobil.

Demikian disampaikan, Firman saat ditemui di kantornya, Kampus Unpas Lengkong, Kota Bandung, Kamis (7/11).

Menurutnya, dengan adanya kasus dugaan penipuan serta pencucian uang akumobil, OJK pusat dinilai lalai karena memberikan izin.

"Kami persoalkan juga soal izin, jadi kalau klaim dari perusahaan ini sudah ada izin, diantaranya OJK meskipun ada perdebatan, namun saya sudah memperoleh bukti ini OJK saya nyatakan sudah memberikan izin," ungkap Firman.

Lebih lanjut, Firman mengungkapkan, kelalaian pengawas lembaga keuangan itu (OJK) didapati dari sejumlah bukti yang diberikan konsumen akumobil. Dalam data yang diberikan konsumen terdapat legalitas akumobil telah mendapat restu atau izin dari OJK pusat.

"Jadi dengan melihat data dari konsumen, OJK suda memberikan izin. Secara yuridis formal, lembaga negara ini harus bertanggungjawab tidak bisa lepas tangan," tegas Firman.

Disinggung bantahan OJK Jawa Barat, Firman menambahkan, hal ini merupakan sebuah tindakan tidak profesional. Pasalnya, bagaimana mungkin izin yang diberikan dari OJK pusat tidak diketahui oleh perwakilan OJK di daerah.

"Kalau OJK jabar bantah, tentunya kami akan klarifikasi lagi. Kenapa OJK jabar membantah, berarti manajemen di OJK kurang profesional. OJK regional tidak tahu ini lucu," tandasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat Triana Gunawan memastikan bahwa perusahaan dengan brand Akumobil tidak terdaftar dan tidak diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal itu karena Akumobil bukan industri keuangan, tetapi perusahaan perdagangan.

"Tidak ada urusan Akumobil dengan OJK, karena memang mereka bukan industri jasa keuangan. Akumobil bukan lembaga keuangan, dia tidak akan pernah terdaftar dan tidak pernah diawasi OJK," kata Triana di Kantor OJK Jabar, Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung, Senin (4/11). [yud]


Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA