Ada Sipirnya Yang Diduga Jadi Kurir Narkoba, Lapas Ciamis Ngaku Kecolongan

Hukum  JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 00:00:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Ada Sipirnya Yang Diduga Jadi Kurir Narkoba, Lapas Ciamis Ngaku Kecolongan

Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas II B Ciamis Zainal Arifin/RMOLJabar

RMOLJabar. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis telah mengonfirmasi kebenaran adanya penjaga atau sipir aparatur sipil negara (ASN) yang diduga sudah menjadi kurir Narkoba.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas II B Ciamis Zainal Arifin mengatakan bahwa pihak Lapas Ciamis pun merasa kecolongan dengan adanya oknum penjaga lapas itu.

"Jujur kami pun merasa kecolongan. Padahal pengamanan di Lapas Ciamis sudah dijaga dengan ketat. Tidak ada kemungkinan masuk barang seperti Narkoba dan Handphone ke Lapas. Hampir setiap apel Kalapas mewanti-wanti," ujar Zainal di Kantornya, Kamis (7/11).

Sebelumnya Kepolisian Resor Ciamis menangkap seorang penjaga Lapas Kelas II B Ciamis berinisial AG (53) yang diduga telah melakukan transaksi Narkotika jenis sabu.

Zainal menilai, tidak ada tanda-tanda dari diri tersangka akan berbuat melanggar hukum bahkan sampai menjadi kurir Narkotika ke Lapas. Menurutnya, tersangka adalah orang yang disiplin. Bahkan, AG tidak pernah bolos kerja.

"Dari keterangan tersangka kan katanya baru melakukannya sekali, narapidananya juga baru mau mencoba memasukan Narkoba ke Lapas. Petugasnya (AG) mungkin tergiur dengan nominal yang ditawarkan kalau berhasil memasukan Narkoba ke Lapas," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, pada tanggal 21 Oktober 2019 Badan Narkotika Nasional (BNN) Ciamis melakukan tes urin kepada pegawai Lapas Kelas II B Ciamis. Dan hasilnya negatif. Tidak ada pegawai yang positif menggunakan Narkotika.

"Pokoknya kita rutin tes urin juga sama BNN. Dan untuk pengamanan kita pastikan sudah sangat aman. Kita perkuat di Petugas Pintu Utama (P2U), sampai para pejabat juga sering ikut piket untuk mengawasi dan melakukan razia ke dalam kamar hunian," ucap Zainal.

Dia juga mengungkapkan, saat ini ada 85 orang penjaga Lapas Kelas II B Ciamis. Sedangkan penghuni Lapas atau narapidana di sana sebanyak 327 orang, kebanyakan penghuni adalah Narapidana kriminal dan Narkotika.[rizalnurdiana/son]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA