Di Garut, Warga Bisa Pesen Angkot Via Aplikasi

Ragam  JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 12:36:00 WIB | LAPORAN: M NUR EL BADHY

Di Garut, Warga Bisa Pesen Angkot Via Aplikasi

Kadishub Kabupaten Garut Suherman/RMOLJabar

RMOLJabar. Ketimbang terus mengeluh dengan keberadaan angkutan online, Dinas Perhubungan Kabupaten Garut bersama Organisasi Angkutan Darat (Organda) Garut mencetuskan aplikasi serupa untuk angkot.

Keberadaan aplikasi tersebut bisa membantu geliat usaha angkot di Garut.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut, Suherman mengatakan terobosan ini merupakan salah satu upaya untuk mengibangi arus teknologi saat ini.

"Karena arus teknologi ini tidak bisa dibendung. Maka angkot juga harus berevolusi dengan menggunakan aplikasi," katanya saat ditemui di Kantor Organda Garut, Jumat (8/11).

Aplikasi yang baru diluncurkan itu dinamai Aksi Garut yakni kepanjangan dari Angkot Beraplikasi. Dalam aplikasi itu, terdapat berbagai fitur yang memudahkan penumpang dan pengemudi.

Kata Suherman sekarang pihaknya sedang dalam uji coba aplikasi. Pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan para pengguna yakni sopir angkot.

"Kita sedang melakukan uji coba. Para sopir angkot juga sedang diberikan pengarahan soal aplikasi ini," katanya.

"Selama ini kan banyak yang mengeluh dengan keberadaan angkutan online. Sekarang kami jawab dengan aplikasi untuk angkot ini," ujar Ketua Organda Garut, Yudi Nurcahyadi.

"Buat pemilik angkot juga sangat terbantu. Soalnya bisa melihat angkotnya jalan atau tidak. Terus keberadaannya di mana," katanya.

Bagi pengemudi, melalui aplikasi bisa mengetahui posisi penumpangnya. Selain itu juga bisa menjaga jarak dengan angkot terdekat.

"Kalau penumpang nanti tinggal pesan angkot diaplikasi. Nanti diarahkan ke angkot yang terdekat. Jadi tidak perlu menunggu lama-lama," ucapnya.

Aksi Garut tersebut diharap Yudi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Hingga kini, aplikasi itu baru bisa dipakai untuk wilayah perkotaan.

"Baru bisa untuk angkot 01, 02, 03, 04, 11 12, dan 16. Masih kami kembangkan agar bisa mencapai ke pelosok daerah juga," katanya. [yud]




Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA