KABUPATEN INDRAMAYU

Kenaikan BJPS Dikhawatirkan Membuat Peserta Tidak Mampu Untuk Membayar

Pemerintahan  SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 17:33:00 WIB | LAPORAN: DEFRI ARDYANSYAH

Kenaikan BJPS Dikhawatirkan Membuat Peserta Tidak Mampu Untuk Membayar

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Kenaikan iuran BPJS menyebabkan banyak peserta memilih untuk turun kelas. Lebih dari itu, hal yang sangat dikhawatirkan adalah para peserta akan menghentikan kepesertaannya dengan tidak lagi membayar iuran.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Dede Bonni Koswara, kepada Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (9/11).

"Banyaknya peserta BPJS yang memilih untuk turun kelas sebenarnya tidak ada masalah. Baik dari kelas 1 ke kelas 3, maupun kelas 2 ke kelas 3. Namun yang dikhawatirkan para peserta yang sebelumnya kelas 3, akan menghentikan kepesertaannya," ungkapnya.

Dikatakan Deden, hal lain yang dapat menjadi problem dari Perpres yang telah disahkan oleh pemerintah, adalah di mana peserta diharuskan untuk mendaftarkan seluruh anggota keluarga.

"Berbeda dengan Perpres sebelumnya, di mana peserta bisa mendaftarkan satu orang saja. Sedangkan Perpres yang baru peserta harus mendaftarkan seluruh anggota keluarga. Untuk kelas 3, dengan Rp42.000 dikalikan 4 atau 5 orang anggota keluarga. Belum lagi tunggakan yang harus tetap dibayar. Dikhawatirkan mereka tidak akan terbayar," kata Deden.

Namun demikian, masalah tersebut akan menjadi tugas pemerintah daerah dengan mengalihkan mereka untuk menjadi peserta Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) APBD. [yud]



Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA